nusabali

TOSS Center Segera Miliki Tempat Penangkaran Sarang Burung Walet

  • www.nusabali.com-toss-center-segera-miliki-tempat-penangkaran-sarang-burung-walet

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Gema Santi di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Sabtu (5/2) pagi.

Dalam kunjungan itu, Bupati Suwirta melihat banyak burung seriti atau yang biasa disebut burung walet di TOSS Center. Melihat hal itu bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, ini berencana membuat penangkaran budidaya sarang burung walet di TOSS Center. 

“Saya sudah berkoordinasi dengan ahlinya, kita akan coba nanti membuat tempat penangkarannya. Jika upaya ini berhasil tentu akan menjadi nilai tambah di TOSS Center,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengemukakan awalnya memang di TOSS Center tidak ada burung walet, tetapi kalau di pesisir pantai biasanya sore hari ada. Kemungkinan kedatangan burung walet ini karena bau dari fermentasi di TOSS Center dan mungkin juga ada binatang-binatang kecil yang menjadi makanannya. “Kemungkinan hal itu menjadi daya tarik walet datang ke sini,” kata Bupati Suwirta.

Bahkan karena jumlah burung walet yang semakin banyak, Bupati Suwirta hampir beberapa kali ditabrak saat mengelilingi TOSS Center.

Disebutkan, TOSS Center sebagai komitmen Pemkab Klungkung menuntaskan masalah sampah dengan inovasi Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia. 

“Semoga dengan langkah ini bisa membuahkan hasil yang manis, terutama untuk penanganan sampah agar Kabupaten Klungkung bisa bebas dari sampah plastik,” harap Bupati Suwirta.  wan

Komentar