nusabali

Arah Pembangunan Jangka Pendek, Tabanan Fokus ke Pemulihan Ekonomi

  • www.nusabali.com-arah-pembangunan-jangka-pendek-tabanan-fokus-ke-pemulihan-ekonomi

TABANAN, NusaBali
Di tengah pandemi Covid-19, Pemkab Tabanan merancang pembangunan daerah jangka pendek atau Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2023, fokus ke pemulihan ekonomi.

Hal tersebut terungkap saat Pemkab Tabanan menggelar agenda konsultasi publik di Kantor Bupati pada Jumat (4/2). 

Agenda konsultasi publik dipimpin Sekda Tabanan Gede Susila. Seluruh OPD terkait yang menghadiri setuju terhadap arah RKPD 2023 yang lebih fokus pada pemulihan ekonomi. Selain itu arah RKPD 2023 juga sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dengan menetapkan 5 bidang prioritas pembangunan, yakni, pangan, sandang, dan papan; kesehatan dan pendidikan; jaminan sosial dan ketenagakerjaan; adat, tradisi, seni, dan budaya; pariwisata. 

Sekda Gede Susila mengatakan, kebijakan pembangunan daerah sudah dipikirkan dengan matang. Apalagi mulai tahun 2021 proses perencanaan pembangunan daerah dari desa dan kabupaten, telah dilaksanakan secara online dengan menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), yang sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 70 Tahun 2019. Hal tersebut dimaksudkan agar proses perencanaan dapat berjalan secara transparan dan akuntabel. 

“Dengan kondisi tersebut proses perencanaan pembangunan daerah pastinya membutuhkan keberanian untuk memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan siapa yang melakukannya, dengan tetap mempertimbangkan kondisi fiskal daerah dan mampu menerjemahkan visi, misi, dan program kerja kepala daerah,” kata Sekda Susila. 

Untuk itu perencanaan pembangunan daerah di Tabanan khususnya dalam masa pandemi sekarang diarahkan ke pemulihan ekonomi. Seperti diketahui yang menjadi kendala krusial dan mempengaruhi sendi-sendi perekonomian di masa pandemic, yaitu terpuruknya pelaku usaha baik dari sektor pariwisata, UMKM, dan pertanian. “Arah perencanaan pembangunan ini sudah sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tabanan,” tegas Sekda Susila. 

Dia berharap dengan sudah sepakatnya seluruh OPD terkait, arah pembangunan Tabanan tahun 2023 bisa dikawal dan dilakukan secara tepat. “Tahapan perencanaan masih akan terus berjalan, sampai penetapan RKPD di awal Juli, dan memasuki Juli-Agustus nanti di tahapan penganggaran,” tandas pejabat asal Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan ini. 7 des

Komentar