nusabali

Bupati Tamba Harap Duta Anak Gentara Pacu Generasi Berprestasi

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-harap-duta-anak-gentara-pacu-generasi-berprestasi

NEGARA, NusaBali
Bupati I Nengah Tamba menghadiri Grand Final Pemilihan Duta Anak Gema Interaksi dan Temu Anak (Gentara) Jembrana 2022 di Auditorium Jembrana, Jumat (4/2).

Bupati Tamba berharap ajang pemilihan Duta Anak Gentara Jembrana ini dapat memacu tumbuhnya generasi berprestasi dan membanggakan bagi Gumi Makepung.

Kehadiran Bupati Tamba disambut Tari Puspanjali yang ditarikan oleh anak-anak disabilitas. Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA-PPKB) Jembrana Ni Kade Ari Sugianti, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jembrana Ny Candrawati Tamba bersama Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jembrana Ny Inda Patriana Krisna.

Sebelum grand final telah dilakukan seleksi kepada sejumlah anak berusia 13-17 tahun yang berdomisili di Jembrana. Peserta berasal dari SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-Kabupaten Jembrana. Rangkaian seleksi diawali dengan tahap pendaftaran dengan jumlah peserta 121 orang pada 17 Januari lalu. Kemudian dilakukan seleksi melalui tes tulis, tes bakat, dan tes wawancara menjadi 10 besar. Dari 10 besar tersebut kemudian diseleksi kembali dalam Grand Final menjadi 5 Duta Anak Gentara Jembrana.

Adapun yang terpilih sebagai Duta Anak Gentara Jembrana 2022, Ni Ketut Timi Namiastuti (Komisi Kesehatan), Ni Made Elsa Dharma Pratiwi (Komisi Partisipasi), I Putu Wahyu Mahendra (Komisi Pendidikan), Ni Putu Ayu Candra Herawati Pande (Komisi Jaringan), Ni Made Amritha Devanthi (Komisi Perlindungan Khusus).

Bupati Tamba usai menyerahkan hadiah, mengucapkan selamat kepada Finalis Duta Anak Gentara Jembrana ini. Kepada yang lainnya, dirinya berharap agar jangan berkecil hati dan tetap semangat. “Saya mengapresiasi kekompakan dan kreativitas anak-anak Jembrana dalam Forum Anak Daerah ini. Keberadaan Forum Anak Daerah (FAD) untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dan anak-anak untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Semoga dengan terpilihnya Duta Anak yang baru, mereka terus berinovasi dan memacu generasi muda lainnya untuk berprestasi sehingga menjadi generasi muda yang unggul,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tamba juga memberi perhatian terhadap para penari dari anak-anak disabilitas. Bupati Tamba mengatakan, kehadiran anak-anak disabilitas tersebut membuatnya merasa bangga sekaligus tersentuh. Bupati juga menyerahkan bingkisan kepada anak-anak disabilitas tersebut.

Ketua Panitia Gentara Jembrana 2022 Ni Made Lia Amanda Setiawati mengatakan, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan minat dan kesadaran anak Jembrana dalam pemenuhan hak anak. Hal ini pun bagian menjadikan Kabupaten Jembrana sebagai Kabupaten Layak Anak. “Untuk itu dilakukan seleksi mengumpulkan anak-anak Jembrana yang berkompeten sebagai pengurus FAD Jembrana tahun 2022. Nantinya Duta Anak yang sudah terpilih akan mewakili Kabupaten Jembrana dalam MAB (Mimbar Anak Bali) 2022,” kata dia. 7 ode

Komentar