nusabali

Dinsos Siapkan 500 Sembako untuk Warga Isoman Ber-KTP Denpasar

  • www.nusabali.com-dinsos-siapkan-500-sembako-untuk-warga-isoman-ber-ktp-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Dinas Sosial (Dinsos) Kota Denpasar menyediakan sebanyak 500 paket sembako untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Anggaran untuk penyediaan paket sembako tersebut dari dana Bantuan Tak Terduga (BTT) 2021 yang masih tersisa.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laksmi Saraswati saat dikonfirmasi, Kamis (3/2). Ayu Laksmi mengungkapkan, 500 paket sembako tersebut nantinya diberikan kepada warga yang ber-KTP Denpasar dan khusus yang menjalani isoman.

Mereka yang ingin mendapatkan sembako tersebut harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dan diajukan oleh kepala desa/lurah. Warga yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 mengajukan kepada kepala desa/lurah untuk mendapatkan layanan sembako. Nantinya kepala desa/lurah akan mengajukan permohonan sembako kepada Dinsos untuk warganya yang menjalani isoman, dengan syarat melengkapi surat keterangan positif Covid-19, kartu keluarga, dan KTP. 

“Syarat itu nanti diajukan ke Dinsos, kalau sudah lengkap langsung kami berikan sembako sesuai dengan jumlah yang diajukan,” kata Ayu Laksmi.

Ayu Laksmi mengatakan, selain sembako untuk isoman ber-KTP Denpasar, Dinsos juga mengupayakan ada tanggungan sembako untuk warga isoman yang non-KTP Denpasar. Ada sebanyak 300 paket sembako yang disediakan Dinsos saat ini, bantuan dari corporate social responsibility (CSR).

Bagi mereka yang non-KTP Denpasar untuk mendapatkan sembako, mereka juga harus melengkapi beberapa persyaratan yakni wajib melapor ke kepala desa/lurah tempat mereka tinggal. Setelah melapor, warga yang isoman harus memenuhi data berupa surat keterangan positif Covid-19, surat keterangan tempat melaksanakan isoman yang dikeluarkan kepala desa/lurah, kartu keluarga, dan KTP, serta Kitas bagi warga ekspatriat.

Dari 28 Januari 2022 hingga saat ini, Ayu Laksmi mengatakan pihaknya sudah memberikan sembako kepada 88 jiwa ber-KTP Denpasar yang menjalani isoman. Sementara, untuk warga isoman ber-KTP non Denpasar sudah ada tiga orang warga diajukan, namun persyaratan belum lengkap. 7 mis

Komentar