nusabali

12 Penumpang Airbus 330 dari Jepang Jalani Prosedur Prokes Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-12-penumpang-airbus-330-dari-jepang-jalani-prosedur-prokes-bandara-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali.com - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali melayani penerbangan reguler internasional dengan kedatangan penerbangan rute dari Narita menuju Denpasar menggunakan pesawat udara Garuda Indonesia GA 881 tipe Airbus 330 pada Kamis (3/2/2022) sore.

Walaupun pesawat berkapasitas sekitar 300 penumpang ini hanya mengangkut 12 orang penumpang (6 warga Jepang, 6 WNI), namun kedatangan flight internasional ini melepas dahaga karena sejak Bandara Ngurah Rai dibuka untuk jalur internasional pada 14 Oktober 2021, baru kali inilah ada penerbangan internasional yang mendarat.

Penerbangan pertama internasional rute Narita menuju Denpasar Bali menggunakan maskapai Garuda Indonesia mendarat pukul 16.32 Wita.

“Kami menyambut dengan antusias dengan melakukan
optimalisasi fasilitas dan layanan di Bandara Internasional I Gusti
Ngurah Rai Bali, suatu harapan untuk awal yang baik sejak dibukanya
kembali penerbangan internasional sehingga nantinya akan terus
dikembangkan lagi rute-rute sesuai kebutuhan pengguna jasa,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado,  Kamis (3/2/2022).

Proses penanganan kedatangan penerbangan internasional Garuda Indonesia berjalan dengan lancar. Penumpang melalui proses alur yang telah disiapkan sesuai prosedur dan protokol kesehatan. Petugas yang melayani juga dipastikan telah menggunakan APD dan sebelumnya dilakukan tes antigen yang dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Herry AY Sikado menambahkan, tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada lagi rute penerbangan internasional lainnya. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berkolaborasi bersama pihak maskapai serta pemangku kepentingan untuk saling mendorong penambahan penerbangan internasional agar lebih beragam lagi.

“Tentunya kami tetap mengutamakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sementara bagi pelaku perjalanan internasional yang akan melakukan penerbangan agar dapat memastikan kelengkapan dokumen sebelum berangkat, lebih lanjut bisa mengakses melalui https://portal.ngurahrai-airport.co.id/ 

Adapun terkait kapasitas terminal internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry menjelaskan, dapat melayani 15 juta penumpang dalam setahun. Ia mengajak semua pihak  harus optimis dapat meningkatkan jumlah kunjungan internasional ke Pulau Bali. 

“Setidaknya rute internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sudah ada yang beroperasi dan akan menjadi awal yang baik untuk sektor aviasi dan perekonomian bagi pelaku pariwisata bisa meningkat,” kata dia. 

Sementara itu,  Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), Dony Oskaria, yang turut hadir menyambut kedatangan penerbangan internasional perdana, mengatakan pihaknya bersyukur dapat mendukung proses kedatangan penerbangan internasional perdana ke Pulau Dewata. 

“Kami mensupport proses ini, dari holding BUMN pariwisata bahwa penerbangan menggunakan Garuda Indonesia dan Bandara sudah kita siapkan dengan sangat baik, proses Bali Entry Registration System dapat berjalan baik dan di Nusa Dua juga menyiapkan karantinanya, sehingga melalui proses kebersamaan kita, Bali dapat menerima kembali turis-turis asing untuk kebangkitan pariwisata," ujarnya.

"Terkait kelancaran kedatangan penerbangan akan terus kami lakukan evaluasi agar lebih baik lagi, terutama kedisiplinan mengisi aplikasi sehingga calon turis yang akan menuju Indonesia lebih dipermudah perjalanannya," tutup Doni.

Komentar