nusabali

Vihara Dharmayana Kuta Gelar Sembahyang Tolak Bala

  • www.nusabali.com-vihara-dharmayana-kuta-gelar-sembahyang-tolak-bala

MANGUPURA, NusaBali.com - Sehari menjelang Tahun Baru Imlek 2573, Vihara Dharmayana Kuta menggelar ritual tolak bala. Ritual tersebut dilakukan di depan pintu gerbang vihara yang terletak di Jalan Blambangan, Kuta, Senin (31/1/2022) sore.

Pelaksanaan ritual menarik perhatian warga sekitar, para pengendara yang melintas bahkan tidak ingin melewatkan momen dengan mengambil gambar. 

Ritual dimulai sekitar pukul 17.00 Wita dengan melakukan persembahyangan yang diikuti oleh sejumlah pengurus vihara. Selesai melakukan persembahyangan, diiringi oleh suara genderang, naga liong berwarna hijau dibawakan pemuda vihara keluar dari dalam vihara mengitari tempat persembahyangan di depan gerbang vihara.

Selesai tarian naga liong, muncul lagi 3 barongsai berwarna merah, hitam, dan putih dari dalam vihara. Mereka juga menari mengitari lokasi persembahyangan. 

Barongsai dan naga liong mengakiri ritual tolak bala dengan melakukan tarian di dalam vihara sebelum rangkaian persembahyangan selesai pukul 17.20 Wita. 

“Kita melakukan persembahan pada dewa dewi, leluhur suci, dan makhluk-makhluk yang ada di semesta ini, agar besok Tahun Baru Imlek penuh dengan kedamaian dan penuh sukacita,” terang Ketua Pengurus Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma, ditemui usai pelaksanaan persembahyangan. 

Dikatakan, jika situasi memungkinkan ritual tolak bala semestinya dilakukan dengan keluar vihara berkeliling wilayah Kuta. Namun, sejak pandemi Covid-19, ritual tolak bala hanya dilakukan sebatas di depan gapura vihara.

“Ini sudah yang ketiga kalinya persembahyangan tolak bala dilakukan hanya di depan pintu gerbang,” kata Adi Dharmaja. 

Adi Dharmaja menuturkan, pihaknya mempertimbangkan situasi pandemi yang masih berlangsung, sehingga diputuskan kembali menggelar ritual tolak bala hanya di dalam kompleks vihara. Persembahyangan tolak bala juga diharapkan segera mengakhiri pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun. 

Pada malam pergantian tahun, sekali lagi barongsai dan naga liong rencananya akan melakukan atraksi.  Sementara persembahyangan Tahun Baru Imlek di Vihara Dharmayana Kuta dimulai pada Selasa (1/2/2022) tepat pukul 00.00 Wita. 

Persembahyangan akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.  “Besok kalau memang ada banyak sekali umat yang datang akan kita atur,” pungkas Adi Dharmaja. 

Komentar