nusabali

Pemkab Gianyar Terapkan Sistem Parkir Digital

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-terapkan-sistem-parkir-digital

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar terapkan sistem pembayaran parkir secara digital, sebagai upaya memaksimalkan pendapatan parkir.

Masalahnya, sitem pembayaran parkir secara manual selama ini, kerap terjadi kebocoran. Penerapan parkir berbasis digital ini akan dilakukan di semua kantong parkir yang dikelola Pemkab Gianyar. Namun, sebagai tahap uji coba, saat ini baru diterapkan digitaliasai parkir di beberapa titik kawasan Kota Gianyar.

"Rencananya, bayar parkir secara digital ini akan diberlakukan di semua tempat parkir yang dikelola pemerintah daerah. Saat ini sedang pematangan untuk di Alun-alun Kota Gianyar, depan pasar, dan Jalan Kebo Iwa Gianyar," ujar Pembina Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Gianyar, I Gusti Bagus Adi Widhya Utama, Minggu (30/1).

Menurut Adi Widhya, melalui sistem pembayaran digital ini, nantinya akan lebih transparan dalam pendapatan sektoran parkir. Sebab, uang yang dibayarkan akan langsung masuk ke kas daerah dalam bentuk pendapatan restribusi.

Adi Widhya menyebutkan, cara pembayaran parkir melalui digital ini cukup sederhana. Juru parkir cukup menunjukkan barcode, sementara masyarakat melakukan scan melalui smartphone dengan aplikasi pembayaran yang tergabung dalam Qris, seperi Gopay dan Ovo.

Hanya saja, kata dia, ada sejumlah kendala dalam penerapan sistem parkir digital ini, terutama bagi warga lanjut usia. Karena itu, menurut Adi Widhya, pihaknya melakukan antisipasi dengan memberikan pendampingan. "Ada pendamping selama ini, yang bantu menggunakan gunakan Gopay atau Ovo," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Minggu kemarin, Kepala Dinas Perhubungan Gianyar, I Wayan Suamba, mengatakan pembayaran parkir secara elektronik tersebut saat ini masih tahap uji coba. Nantinya pola ini akan diterapkan di semua tempat parkir di jalan umum wilayah Kabupaten Gianyar.

Ada pun target pendapatan dari parkir sistem digigat tersebut di tahun 2022 sekitar Rp 5 miliar. Tahun berikutnya, pendapoatan diharapkan semakin besar. "Penerapan bayar parkir dengan sistem online ini akan terus berproses. Kami minta dukungan masyarakat untuk menyukseskan sistem ini," harap Suamba. *nvi

Komentar