nusabali

CHOOP Makin Memudahkan Belanja Online Hanya Melalui WhatsApp

  • www.nusabali.com-choop-makin-memudahkan-belanja-online-hanya-melalui-whatsapp

DENPASAR, NusaBali.com – Belanja secara online sudah bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Begitu juga penggunaan WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang digunakan 98 persen pengguna seluler Indonesia.

Dua platform inilah yang dikolaborasikan oleh CHOOP untuk semakin memudahkan masyarakat dalam berbagai keperluan hariannya. Tanpa perlu download berbagai aplikasi ataupun masuk dalam  marketplace, segala keperluan bisa dituntaskan hanya lewat WA. 

Nomor WA CHOOP bisa diperoleh dari tautan pada laman www.choop.id dengan klik tulisan ‘coba sekarang’. Sesaat kemudian kita akan tersambung pada WA CHOOP dan untuk berbagai keperluan tinggal ketik kata kunci untuk kemudian mendapat berbagai pilihan. 

Cara lain juga bisa ditemui pada merchant yang menjadi mitra CHOOP, kita tinggal memindai QR Code merchant bersangkutan, maka akan ada berbagai pilihan yang kita inginkan. 

Hadirnya CHOOP itu pun juga membantu semua pelaku usaha, bukan hanya yang besar, melainkan hingga para pelaku usaha mikro. “Karena itulah kami memilih Bali sebagai lokasi pertama soft launching CHOOP,” kata Executive Director Choose Order Pay (CHOOP), Nurkholis.

Soft launching yang dilakukan di Denpasar pada Minggu (30/1/2022) diharapkan dapat membangkitkan kembali pariwisata Pulau Seribu Pura akibat imbas Covid- 19.  Hingga saat inilebih  100 merchant sudah bergabung dengan CHOOP yang baru disosialisasikan pada 18 Januari 2022. Mayoritas merchant yang sudah bergabung adalah para pelaku usaha kuliner. 
 
Bali juga menjadi tempat pertama peluncuran CHOOP lantaran memiliki track record sangat baik di bidang pembayaran non tunai.  Nurkholis yang akrab disapa Olis ini menyebut  dari 473 ribu merchant di Bali, sebanyak 72 persennya menggunakan transaksi nontunai. 

“Trafik penggunaan nontunai di Bali ini 5 terbesar di Indonesia. Hal itu seirama dengan inovasi yang kami berikan dari CHOOP, yang mana mengedepankan nontunai dengan QR, sehingga kami datang dari Bali untuk Indonesia," kata Olis

Di Bali, CHOOP sudah mengoperasikan kantor di Jalan Pararaton nomor 9 Kuta yang difungsikan juga untuk membantu para merchant. Dan selanjutnya siap hadir di lima  kota lain yaitu Surabaya, Jakarta, Jogjakarta, Makassar, dan Palembang.
 
Bukan hanya melayani food and beverage saja, tapi melalui WA CHOOP ternyata juga bisa melayani payment poin online banking (PPOB) mulai dari isi pulsa, token, pembayaran tagihan telepon dan PDAM, listrik serta bekerja sama untuk tiket pesawat, hotel.

"Mulai dari Bali seluruh lini sektor berkaitan dengan pariwisata akan kita fasilitasi di sini. Misalnya pulang ke Jakarta tapi malas vaksin, kita buatkan vaksin online jadi bisa reservasi melalui CHOOP. Begitupun order jasa pijat, barber shop, laundry dan lainnya, semua bisnis bisa join di CHOOP,"  kata Olis.

Hadirnya CHOOP ini disambut dengan optimisme karena berbeda dengan layanan-layanan yang sudah ada, bahkan memberi benefit yang tidak ada pada layanan terdahulu. “CHOOP adalah Automotion WhatsApp Catalogue Commerce yakni dengan menggunakan WhatsApp tanpa harus mengakses website atau mendownload aplikasi, user ataupun merchant bisa langsung saling berkomunikasi,” jelas Olis.

Benefit-benefit lain yang bisa didapatkan dari CHOOP antara lain, harga lebih murah dari kompetitor harga sesuai menu merchant  hingga promo bekerjasama dengan linkaja cashback 10%, maksimum Rp 20.000. Pelanggan tidak perlu antre dan juga dapat pesan dari merchant 1 ke merchant 2 tanpa harus pindah lokasi. Pembayarannya pun dalam 1 WA tersebut.

Bukan hanya memberi nilai lebih bagi konsumen, namun merchant atau pelaku usaha mendapat keuntungan dengan menjadi mitra merchant yang pendaftarannya gratis. 

Sistem pembayaran tidak ditampung di CHOOP, melainkan langsung terbayar ke merchant atau Real Time Settlement with QRIS.  "Pihak merchant tidak perlu cetak menu dan  memungkinkan  menyiapkan pilihan pengantaran menggunakan karyawan mereka sendiri, sehingga semakin memberi nilai lebih bagi merchant,” pungkas Olis.


Komentar