nusabali

Walikota Jaya Negara Tebar 20 Ribu Benih Ikan dan Lepasliarkan Unggas di Dam Oongan

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-tebar-20-ribu-benih-ikan-dan-lepasliarkan-unggas-di-dam-oongan

DENPASAR, NusaBali
Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menebar 20.000 benih ikan dan melepasliarkan unggas berupa burung serta ayam, saat Pemkot Denpasar merayakan Tumpek Uye pada Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (29/1), yang dipusatkan di Pura Bugbugan Ulun Danu Dam Oongan, Desa Adat Oongan,  Kelurahan Tonja, Denpasar Utara.

Peringatan Tumpek Uye juga dihadiri Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Wakapolresta Denpasar AKBP Wayan Jiartana, seluruh pimpinan OPD Pemkot Denpasar, serta masyarakat setempat dengan prokes yang ketat.

Perayaan Tumpek Uye di Kota Denpasar sesuai dengan Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi.

Walikota Jaya Negara mengatakan, ada beberapa kegiatan yang digelar serangkaian Tumpek Uye, yakni penyerahan perahu nelayan kepada Bendesa Adat Kesiman dan kelompok nelayan Forum Bendega di Pantai Padanggalak. Juga bekerjasama dengan desa adat serta yowana Penatih menebar benih ikan dan penanaman pohon.

“Untuk tingkat Kota Denpasar kami laksanakan di Dam Oongan karena punya sejarah tersendiri terkait dengan sistem pengairan di Denpasar. Secara sekala dilaksanakan penebaran benih ikan, pelepasliaran burung dan ayam,” ujar Walikota Jaya Negara.

“Kami berharap perayaan Tumpek Uye ini bisa terus digelar di Denpasar sebagai upaya implementasi Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali sesuai dengan kearifan lokal,” imbuhnya.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara mengatakan, prosesi diawali dengan persembahyangan di Pura Bugbugan. Persembahyangan bersama dipuput Ida Pedanda Made Taman Dwija Putra, Griya Paang, Banjar Paang Tengah, Penatih.

Juga dilaksanakan mulang pakelem ke aliran Tukad Oongan. Setelah proses persembahyangan barulah dilaksanakan pelepasan burung, ayam, dan benih ikan. Sebanyak 9 ekor burung dan 9 ekor ayam manca warna dilepaskan di kawasan pura. Ikan ditebar sebanyak 10.000 ekor di aliran Tukad Oongan. Selain di Tukad Oongan, penebaran benih ikan juga dilaksanakan di seluruh wilayah desa adat se-Kota Denpasar. Adapun jumlah keseluruhan benih ikan yang ditebar yakni 20.000 ekor ikan. *mis

Komentar