nusabali

Ribuan Bibit Ikan Nila dan Mujair Ditebar di Dam Oongan

  • www.nusabali.com-ribuan-bibit-ikan-nila-dan-mujair-ditebar-di-dam-oongan

DENPASAR, NusaBali.com - Serangkaian upacara Tumpek Kandang, Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (29/1/2022), ribuan bibit ikan nila dan mujair ditebar di Dam Oongan, Kelurahan Tonja, Denpasar Utara.

Sebanyak 1.000 ikan nila dan mujair dilepas sebagai bagian Upacara Danu Kerthi yang serentak dilakukan di seluruh kabupaten/kota pada Sabtu ini. Selain melepas ikan, dalam kegiatan yang dihadiri Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, beserta jajarannya  tersebut juga dilepas 9 ekor burung dan 9 ekor anak ayam.

Sebelum dilakukan pelepasan ikan, burung, dan anak ayam, dilakukan persembahyangan terlebih dahulu di Pura Ulun Suwi yang berada di sisi timur Dam Oongan. Upacara dipimpin Ida Pedanda Made Taman Dwija Putra dari Griya Paang, Banjar Paang Tengah, Penatih.

“Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan di sini (Dam Oongan) karena ada sejarah sendiri berkenaan dengan sistem pengairan yang ada di Denpasar,” ujar Walikota Jaya Negara sesuai kegiatan. 

Walikota Jaya Negara mengatakan, kegiatan Upacara Danu Kerthi di Dam Oongan merupakan bagian dari Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi.

Sebelum upacara dilaksanakan di Dam Oongan, hari ini juga telah dilakukan kegiatan terkait Upacara Danu Kerthi seperti penyerahan perahu kepada para nelayan di Kota Denpasar. 

“Tadi pagi juga didahului dengan penyerahan perahu dengan Jero Bendesa Adat Kesiman dan juga kelompok nelayan forum bendega di Denpasar. Tadi kami juga bekerja sama dengan salah satu sekaa teruna Desa Adat Penatih, melepas ikan dan menanam pohon,” ungkap Walikota Jaya Negara.

Ditambahkan upacara tumpek kandang yang dilaksanakan hari ini merupakan implementasi dari filosofi Tri Hita Karana, terkait hubungan harmonis antara manusia dengan alamnya.

“Mudah-mudahan pelaksanaan upacara tumpek (Danu Kerthi) ini bisa kita terus kita laksanakan di Kota Denpasar,” tandas Walikota Denpasar.  

Komentar