nusabali

Sambut Tumpek Uye, Guru SMAN 2 Amlapura Mareresik

  • www.nusabali.com-sambut-tumpek-uye-guru-sman-2-amlapura-mareresik

AMLAPURA, NusaBali
Guru SMAN 2 Amlapura mareresik atau menggelar aksi kebersihan di sepanjang selokan sekolah, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Jumat (28/1).

Kegiatan mareresik ini sesuai Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 tahun 2022 tentang perayaan Rahina Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru. Selain mareresik, pada Tumpek Uye, Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (29/1) secara seremonial melepas burung, ikan, dan binatang lainnya.

Aksi mareresik di sepanjang selokan SMAN 2 Amlapura dipimpin Kasek Wayan Sugiana. Para guru mengangkat sampah plastik dan sampah organik yang nyangkut di selokan. SMAN 2 Amlapura dibelah selokan. Air hujan kerap menghanyutkan beragam jenis sampah. “Upacara Danu Kerthi sesuai Instruksi Gubernur untuk melestarikan hewan dan ikan. Agar hewan dan ikan bisa hidup sehat, ekosistemnya diperbaiki dengan membersihkan sampah,” jelas Wayan Sugiana. Saat Rahina Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi diawali dengan persembahyangan, selanjutnya melepas ikan dan burung.

Terpisah, Kasek SMK Widya Wisata Graha (WWG) Amlapura Ni Nyoman Supadmi juga menggelar Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi. “Kami menggelar persembahyangan bersama. Kami tidak membebani siswa membawa ikan atau burung untuk dilepas,” jelas Supadmi. Sedangkan Perbekel Desa Abang, Kecamatan Abang, I Nyoman Sutirtayana menyiapkan 10 ekor burung merpati untuk dilepas. “Perangkat desa yang menyiapkan burung merpati untuk dilepas,” jelas Nyoman Sutirtayana. *k16

Komentar