nusabali

Dua Camat Bersaing

Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Buleleng Masih Kekurangan Pendaftar

  • www.nusabali.com-dua-camat-bersaing

Jika tidak ada pelamar yang masuk lagi, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang dua hari sampai syarat minimal 4 peserta terpenuhi.

SINGARAJA, NusaBali

Sebanyak 14 orang peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau lelang jabatan pejabat eselon II di lingkup Pemkab Buleleng telah mendaftarkan diri. Dua di antaranya saat ini masih menjabat sebagai camat, yakni Camat Banjar I Gede Arya Suardana yang mengincar jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Camat Sawan I Gusti Putu Ngurah Mastika yang mendaftarkan diri untuk merebut jabatan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda).

Namun memasuki hari terakhir pendaftaran pada, Jumat (28/1) sore, baru satu jabatan saja yang sudah memenuhi jumlah peserta minimal 4 orang. Sedangkan tiga jabatan lain yang dilelang kali ini masih menunggu pendaftaran peserta lainnya. Sekretaris Panitia Seleksi (pansel) JPT tahun 2022, Gede Wisnawa dihubungi melalui telepon, Jumat kemarin mengatakan panitia masih menerima pendaftaran hingga Jumat pukul 23.59 Wita. Pendaftaran baru akan ditutup pada pukul 00.00 Wita memasuki, Sabtu (29/1).

“Sampai sore ini (kemarin) baru 14 orang yang telah mengupload syarat melalui pendaftaran online. Kami masih menunggu pendaftar lain untuk jabatan yang belum memenuhi syarat minimal pendaftar 4 orang, untuk melanjutkan tahapan seleksi selanjutnya,” ucap Wisnawa. Dari 14 orang peserta lelang jabatan, sebanyak 4 orang mendaftarkan diri untuk jabatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Keempatnya, yakni I Nyoman Mawan Kabag Perencanaan dan Keuangan Setda Buleleng, Gede Sasnita Ariawan Kabag Ekbang Setda Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono Kabag Umum Setda Buleleng dan Abdul Manaf Kabid Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) baru diisi oleh 3 pelamar. Ketiganya yakni Camat Banjar I Gede Arya Suardana, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Luh Putu Adi Ariwati dan Sekcam Busungbiu I Ketut Suastika. Jumlah pelamar yang sama juga terlihat di jabatan Kepala Dinas Kebudayaan yang baru ada 3 orang pelamar. Mereka di antaranya I Made Sadipa yang saat ini menjabat sebagai Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Buleleng, Nyoman Sumiadajana Kabid Perumahan Dinas Perkimta Buleleng.

Sedangkan jabatan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, baru dilamar oleh dua orang. Keduanya, yakni Made Supartawan Kabag Humas dan Pengawasan DPRD Buleleng dan I Gusti Putu Ngurah Mastika yang saat ini masih menjabat sebagai Camat Sawan.

Wisnawa mengatakan belasan pendaftar tersebut baru mulai melakukan pendaftaran secara online dengan mengupload sejumlah persyaratan yang diperlukan. “Peserta keseluruhan baru masuk di pendaftaran online sejak kemarin (Kamis,red) dan tadi, memang biasa di detik-detik terakhir baru mulai ada. Termasuk yang pertama melakukan pendaftaran baru kemarin, itu oleh Camat Banjar I Gede Arya Suardana,” jelas mantan Sekwan DPRD Buleleng ini.

Dia pun mengatakan hingga pukul 00.00 Wita tidak ada pelamar yang masuk lagi, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang dua hari, sampai masing-masing jabatan yang dilelang memenuhi syarat minimal 4 peserta. “Mudah-mudahan malam ini (Jumat,red) ini ada pendaftar lain, karena dari info staf kami tadi siang masih ada yang telpon mereka masih memenuhi berkas persyaratan,”  kata Wisnawa.

Sementara itu pengisian JPT yang kosong khusus untuk Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buleleng akan dilakukan dengan sistem pergeseran. “Kepala Bappeda tidak dilelang tetapi akan diisi dengan pergeseran pejabat. Nanti akan dilakukan berbarengan dengan pelantikan hasil seleksi JPT ini,” tutup Wisnawa yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKPD) Buleleng ini. *k23

Komentar