nusabali

Permintaan Pentas Barongsai dari Hotel-Mal Meningkat Tahun Ini

  • www.nusabali.com-permintaan-pentas-barongsai-dari-hotel-mal-meningkat-tahun-ini

DENPASAR, NusaBali.com - Ada peningkatan permintaan pentas tarian barongsai menjelang Tahun Baru Imlek tahun ini jika dibandingkan pada perayaan Imlek tahun 2021 lalu. Sejumlah hotel hingga mal tampaknya mulai berani mengadakan pentas tarian barongsai untuk menghibur para tamu ataupun pengunjung.

Peningkatan permintaan pentas barongsai dirasakan tim kesenian barongsai Griya Kongco Dwipayana, Tana Kilap, Pemogan, Denpasar Selatan. Tim kesenian bernama Barongsai Mutiara Naga Tanah Kilap sejauh ini mendapatkan 6 permintaan pentas.

Ditemui Kamis (27/1/2022), humas tim kesenian Barongsai Mutiara Naga Tanah Kilap, Made Suarsana, 37, mengatakan kebanyakan permintaan berasal dari hotel-hotel di seputaran Kuta hingga Jimbaran.  

“Kurang lebih sudah ada enam permintaan, kebanyakan permintaannya hanya pakai barongsai tanpa naga liong,” terang Made Suarsana.

Suarsana mengatakan, jumlah tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan permintaan pentas barongsai pada Imlek tahun lalu yang hanya sebanyak dua permintaan. Namun, jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi, jumlah permintaan pentas tampil tahun ini jumlahnya masih terlalu jauh.

“Kalau sebelum pandemi bisa sampai 30 permintaan,” ungkap Suarsana.

Lebih jauh dijelaskan, selama pandemi praktis latihan anggota tim kesenian juga terkendala. Untuk mempersiapkan diri tampil tahun ini para anggota tim kesenian barongsai Mutiara Naga Tanah Kilap yang berjumlah 30 orang pemuda sudah mulai berlatih sejak dua minggu terakhir.

Dikatakan jadwal pertama mereka pentas pada Minggu (30/1/2022) di salah satu mal di kawasan Kuta. 

Selain melakukan pentas komersial, tim kesenian Barongsai Mutiara Naga Tanah Kilap juga akan menarikan barongsai dan naga liong pada saat persembahyangan Imlek di Griya Kongco Dwipayana. 

Barongsai yang digunakan pada saat ritual pun berbeda dengan barongsai yang digunakan pentas di hotel-hotel ataupun mal. 

Mengiringi persembahyangan  Imlek di Griya Kongco Dwipayana, tim kesenian Barongsai Mutiara Naga Tanah Kilap akan tampil sebanyak dua kali. Pada malam tahun baru Imlek, Senin (31/1/2022) dan pada tahun baru Imlek Selasa (1/2/2022) juga pada malam harinya.

“Kita menyambut tahun baru dengan keceriaan, dengan sukacita,” kata Suarasana mengenai makna pementasan barongsai pada saat perayaan Imlek.

“Yang lebih diutamakan jadwal di Kongco (Dwipayana Tanah Kilap), baru kemudian jadwal di luar,” imbuhnya.

Komentar