nusabali

Konsultasi Publik Tahap 3 Rampung

Proyek Tol Mengwi-Gilimanuk di Tabanan

  • www.nusabali.com-konsultasi-publik-tahap-3-rampung

TABANAN, NusaBali
Proyek Jalan Tol Mengwi - Gilimanuk di Tabanan selesai proses konsultasi publik tahap 3.

Konsultasi ini khusus mengundang warga terdampak yang belum sempat hadir dalam konsultasi publik tahap 1 dan 2. Konsultasi publik tahap 3 di empat lokasi, dua diantaranya di Kecamatan Tabanan dan Kecamatan Selemadeg.

Kini warga Tabanan yang terdampak tol tengah menunggu jadwal untuk penetapan lokasi (penlok). Asisten I Setda Tabanan Anak Agung Ngurah Satria Tenaya menjelaskan proses jalan tol di Tabanan sudah masuk tahap konsultasi publik tahap 3, selesai Kamis (27/1). "Sebelumnya kami sudah ikuti proses konsultasi publik tahap 1 dan tahap 2," tegasnya.

Menurut dia, pada konsultasi publik tahap 3 ini diketahui  bahwa seluruh warga yang terdampak, setuju proyek jalan tol ini. Setelah proses konsultasi publik, kata Ngurah Tenaya, akan dilanjutkan proses penlok, kini masih menunggu jadwal dari Provinsi Bali. "Penlok nanti dengan SK Gubernur Bali, diumumkan lewat media sosial, cetak, elektronik maupun radio," katanya.

Ngurah Tenaya mengatakan, di balik kesepakatan ini ada sejumlah harapan warga terdampak terhadap pemerintah.  Salah satunya, terkait ganti rugi lahan yang harus benar-benar dikawal. "Harapan terbesar warga, ganti rugi lahan jangan sampai tidak dibayar. Itu penekanan mereka saat mengikuti tahapan sosialiasi tol di Tabanan," tegas mantan Kabag Tapem Setda Tabanan ini.

Sebelumnya, sosialiasi jalan tol ini sempat tertunda lantaran terjadi perbaikan data khusus di Kecamatan Tabanan dan Kecamatan Marga. Dalam sosialisasi terbaru ini terjadi perubahan lintasan. Dampaknya dua desa yang sebelumnya direncanakan tak terlintas menjadi terdampak. Awalnya di Kecamatan Marga, desa yang terdampak proyek nasional tersebut adalah Desa Marga Dauh Puri, Desa Tegal Jadi, Desa Selanbawak, dan Desa Marga. Sekarang yang terbaru adalah Desa Kuwum, Desa Marga Dauh Puri, Desa Marga, dan Desa Selanbawak.

Sedangkan di Kecamatan Tabanan awalnya yang terdampak 3 desa, yakni Desa Wanasari, Desa Buahan, dan Desa Tunjuk. Kini dalam sosialiasi terbaru ada 4 desa terdampak yakni bertambah satu yakni Desa Denbantas.*des

Komentar