nusabali

65 Karateka Ikuti Gashuku dan Ujian DAN

  • www.nusabali.com-65-karateka-ikuti-gashuku-dan-ujian-dan

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 65 karateka mengikuti Gashuku dan Ujian DAN Regional 2022 INKANAS, di Hongkong Garden, Denpasar, mulai Kamis hingga Minggu (27-30/1).

Gashuku dan Ujian DAN mengambil tema 'Kita Tingkatkan Kualitas Karate Karateka INKANAS Yang Handal Menuju Prestasi Dunia'. Peserta terdiri dari I DAN sebanyak 50 orang, II DAN 10 orang, serta III DAN diikuti 5 orang. Kegiatan tersebut dibuka Ketua Harian INKANAS Bali yang juga Dansat Brimob, Kombes Firdauz Wulanto.

Ketua Panitia Pelaksana Kadek Puja Astawa mengatakan, Gashuku dan Ujian DAN direncanakan cukup lama sebagai agenda rutin tiap tahun. Menurut Puja Astawa, I DAN diharapkan memiliki anak buah yakni atlet dalam perjalannya. Jadi nantinya ilmu yang didapat dapat diterapkan kembali untuk pengembangan INKANAS di seluruh Bali.

Puja Astawa menyebutkan, Gashuku dan Ujian DAN Regional ini digelar setiap satu tahun sekali, karena sifatnya regional. Harapannya kegiatan ini bisa tetap rutin digulirkan tiap tahunnya dalam peningkatan kualitas karateka INKANAS Bali. Sehingga dari 65 peserta itu, ada 9 orang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sisanya berasal dari lokal Bali.

"Harapan saya lewat Gashuku dan ujian DAN, kualitas karateka INKANAS Bali semakin meningkat nantinya, sebab ini tergolong olahraga fisik bersentuhan," kata anggota Komisi Bidang Teknik, Riset Pengembangan dan Pelatihan INKANAS Bali itu.

Sementara itu Kombes Firdauz Wulanto berharap dewan guru melakukan ujian dengan baik, sehingga nantinya dapat menciptakan atlet nasional membanggakan dari Bali. Menurutnya, usai Gashuku dan Ujian DAN Regional dapat melatih mereka menguasai diri dengan baik.

Dengan memiliki beladiri diharapkan dapat mengontrol diri dengan baik, dan tidak arogan. Kata dia, istilahnya ibarat padi semakin tinggi diharapkan semakin merunduk.

"Sekarang kan masih situasi Pandemi Covid - 19, kedepannya untuk Gashuku dan Ujian DAN kita lihat situasi, memang ada rencana menggelar kegiatan lagi, tapi sifatnya masih menyesuaikan. Saya ada keinginan untuk menggelar event internasional sekaligus di Bali," jelas Firdauz Wulanto.*dek

Komentar