nusabali

Maroko dan Senegal Lolos 8 Besar

  • www.nusabali.com-maroko-dan-senegal-lolos-8-besar

YAONDE, NusaBali
Bek Paris Saint Germain (PSG) Achraf Hakimi mencetak tendangan bebas yang mengagumkan untuk membawa Maroko ke perempatfinal Piala Afrika 2021.

Sedangkan Senegal menang 2-0 atas Tanjung Verde yang tanding dengan 9 pemain. Gol Hakimi membuat timnya menang 2-1 atas Malawi, dalam laga di Stadion Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Rabu (26/1) dinihari Wita. Sebelumnya,  Gabadinho Mhango sempat membawa Malawi yang baru pertama kali lolos ke fase gugur turnamen ini, unggul pada menit ke-7 dengan golnya yang menakjubkan dari jarak 40 meter. Namun sundulan Youssef En-Nesyri membawa Maroko menyamakan 1-1 pada injury time babak pertama, sebelum Hakimi mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-70. Selanjutnya Marako akan bertemu pemenang laga Mesir vs Pantai Gading di delapan besar.

Laga perempatfinal tak lagi dimainkan di Stadion Olembe di Yaounde tetapi akan dipindahkan setelah kecelakaan fatal di luar lapangan Senin lalu yang menewaskan delapan orang dan melukai 38 orang.

Pada laga sebelumnya antara Senegal dan Cape Verde di Bafoussam, laga ini juga diawali dengan hening satu menit sebelum kickoff di mana para pemain kedua tim mengenakan ban lengan hitam.

Sementara itu, Senegal melanjutkan langkah ke perempatfinal usai mengalahkan Tanjung Verde 2-0 dalam laga 16 besar di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun, Rabu Wita.

Senegal mendapat keuntungan besar sebab mereka hanya perlu menghadapi sembilan pemain Tanjung Verde, menyusul kartu merah yang diterima gelandang Patrick Andrade dan kiper Vozinha.

Kartu merah pertama kali keluar dari saku wasit Lahlou Benbraham pada menit ke-21 setelah VAR meninjau pelanggaran Patrick terhadap Pape Gueye.

Situasi sebelas lawan sepuluh belum mampu dimanfaatkan oleh Senegal hingga babak pertama berakhir dengan skor nirgol.

Lantas pada menit ke-57 wasit mengeluarkan kartu merah keduanya di laga kali ini lantaran Vozinha keluar dari sarangnya untuk menjatuhkan Sadio Mane.

Menghadapi sembilan pemain Tanjung Verde, Senegal membuka keunggulan lewat Mane pada menit ke-63. Dua menit injury time, Bamba Dieng melengkapi kemenangan Senegal menjadi 2-0. *ant

Komentar