nusabali

Buleleng Kembali Gelar Gebyar Vaksinasi

  • www.nusabali.com-buleleng-kembali-gelar-gebyar-vaksinasi

Gebyar vaksinasi yang digelar Kamis (27/1) hari ini, melayani masyarakat Buleleng yang belum mendapatkan vaksin, baik dosis I, II, maupun III (booster).

SINGARAJA, NusaBali  

Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng kembali menggelar gebyar vaksinasi pada Kamis (27/1) hari ini, di Gedung Kesenian Gde Manik Buleleng. Gebyar vaksinasi yang diinisiasi Polres Buleleng bekerjasama dengan Pemkab Buleleng akan melayani vaksinasi semua dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Buleleng dr Sucipto dikonfirmasi via telepon, Rabu (26/1), mengatakan gebyar vaksinasi ini akan memberikan layanan kepada seluruh masyarakat Buleleng yang belum mendapatkan vaksin, baik dosis I, II, maupun III (booster). “Prioritas memang vaksinasi booster, tetapi kalau ada yang datang meminta dosis I atau II, dan sudah sesuai dengan yang dijadwalkan akan dilayani juga,” ucap Sucipto. Gebyar vaksinasi ini akan dimulai pukul 09.00 Wita.

Mantan Wadir SDM RSUD Buleleng ini juga mengatakan, Polres Buleleng akan mengerahkan seluruh Polsek yang ada, untuk menggiring masyarakat yang belum tervaksinasi datang ke Gedung Kesenian Gde Manik. Sehingga target pembentukan herd immunity dapat tercapai di Buleleng.

Dalam gebyar vaksinasi ini, Dinkes Buleleng juga akan mengirimkan tim vaksinasi untuk membantu gebyar vaksinasi. Selain juga akan didukung oleh tim vaksinasi RSUD Buleleng dan tim vaksinasi Polres Buleleng. “Untuk target hasil koordinasi dengan Polres Buleleng memang belum ada kepastian. Namun akan diupayakan sebanyak-banyaknya, mungkin melihat antusiasme masyarakat besok (hari ini),” imbuh pejabat asal Busungbiu ini.

Namun dengan digelarnya gebyar vaksinasi yang dipusatkan di wilayah kota, pelayanan vaksin di masing-masing puskesmas tetap berjalan seperti biasa. Gebyar vaksinasi yang dilakukan ini untuk mengejar capaian vaksinasi di Buleleng. Masyarakat yang akan melakukan vaksinasi dipastikan yang memang memenuhi ketentuan. Terutama yang akan menjalani vaksinasi booster, dengan ketentuan umur 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksin dosis dua minimal enam bulan lalu.

Masyarakat juga diimbau menjaga kesehatan sebelum melakukan vaksinasi. Menjaga kondisi tetap fit baik dengan istirahat cukup maupun minum vitamin. Selain itu setelah vaksinasi, disarankan untuk minum obat paracetamol atau penurun panas. Sehingga reaksi vaksin yang biasa dirasakan dapat teratasi dan tidak dirasakan berkepanjangan.

“Kami mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan vaksin agar datang besok (hari ini). Vaksin dosis I maupun dosis lanjutan sangat penting untuk membentuk herd immunity. Ini juga dapat mengantisipasi penularan virus di tengah kasus konfirmasi baru terus meningkat,” tegas Sucipto. *k23

Komentar