nusabali

BASAbali Wiki Ajak Generasi Milenial Sumbang Ide Tingkatkan Pariwisata Bali

  • www.nusabali.com-basabali-wiki-ajak-generasi-milenial-sumbang-ide-tingkatkan-pariwisata-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Platform digital BASAbali Wiki menggelar kompetisi bertajuk Wikithon Partisipasi Publik. Perlombaan Wikithon Partisipasi Publik pada edisi keempat ini mengajak generasi milenial Bali unjuk ide bagaimana pariwisata Bali sebaiknya dikelola.

Ide dikirimkan dalam bentuk esai berbahasa Bali dengan jumlah kata maksimal 300 kata mulai tanggal 21 Desember 2021 hingga penutupan 13 Januari 2022. 140 karya esai diterima oleh panitia Wikithon Partisipasi Publik keempat, dinilai oleh dewan juri, dan pemenang akan diumumkan pada Jumat  (28/1/2022). 

“Tahun ini adalah tahun pertama diadakannya Wikithon Partisipasi Publik. Rencananya kita laksanakan tiga tahun ke depan, tahun pertama sudah kita laksanakan sebanyak empat kali,” terang Ketua Dewan Penasihat Yayasan BASAbali Wiki, Drs I Gde Nala Antara MHum, Rabu (26/1/2022).

Dikatakan, Wikithon Partisipasi Publik menggandeng beberapa instansi Pemerintah Provinsi Bali untuk mendengarkan solusi yang ditawarkan oleh masyarakat terutama generasi muda Bali terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi Bali. 

Nala Antara yang juga akademisi Program Studi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, menuturkan tiga edisi pertama Wikithon Partisipasi Publik memiliki tema yang berbeda-beda. 

Pada edisi pertama mengangkat isu ekonomi kreatif di masa pandemi, edisi kedua mengenai isu kesehatan di masa pandemi, dan pada edisi ketiga mengangkat isu pengolahan sampah. 

Para pemenang Wikithon Partisipasi Publik  pada edisi keempat ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori pelajar, mahasiswa, dan umum, kategori sekolah-organisasi- hotel terbaik, kategori juara favorit, kategori komentar terbaik, dan kategori ekspatriat. 

Karya esai yang masuk dinilai langsung oleh dewan juri terdiri dari Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali (Tjok Bagus Pemayun), Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Baparekraf (Ni Wayan Giri Adnyani), dan Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (I Made Mendra Astawa).

Para juri tersebut juga memberikan masukan atau komentar terhadap karya peserta untuk meyakinkan peserta bahwa karya mereka benar-benar didengarkan oleh para pemangku kebijakan.

Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (PKSDM), Dinas Pariwisata Provinsi Bali,  Made Mona Rosita, mengatakan mendukung adanya gelaran Wikithon Partisipasi Publik.

“Pemerintah sangat senang dan menyambut dengan terbuka, kami memiliki unit khusus untuk pengembangan sumberdaya dan kebijakan pariwisata. Ke depannya ini bisa menjadi salah satu media melestarikan bahasa dan menjadi nilai tambah juga untuk daya tarik bagi wisatawan,” ujar Mona Rosita.

Sementara Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata, I Made Mendra Astawa, mengatakan kegiatan ini perlu ditingkatkan dan berkelanjutan untuk membangkitkan generasi muda Bali dalam mengenal dan melestarikan budaya melalui bahasa Bali.  

“Generasi muda butuh ruang dan waktu di dalam merefleksikan diri baik seni budaya, cinta alam, dan penguatan enterprenuership Hindu Bali,”ujarnya. 

Untuk diketahui BASAbali Wiki adalah sebuah organisasi yang terbentuk pada tahun 2011 dari komunitas para seniman, advokat, mahasiswa dan cendekiawan yang bekerja bersama-sama untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa dan budaya Bali di dunia digital. 

Komentar