nusabali

Kena Percikan Api Ngaben, Pura Dalem Kedaton Terbakar

  • www.nusabali.com-kena-percikan-api-ngaben-pura-dalem-kedaton-terbakar

TABANAN, NusaBali
Palinggih Ageng Pura Dalam Kedaton di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan/Kabupaten Tabanan terbakar pada Selasa (25/1) sekitar pukul 13.15 Wita.

Kebakaran terjadi diduga dari percikan pembakaran bade saat prosesi ngaben. Beruntung api tak berhasil melalap seluruh palinggih.

Kapolsek Tabanan Kompol I Made Pramasetia mengungkapkan kebakaran Palinggih Ageng di Pura Dalem ini terjadi Selasa siang. Kepulan asap pertama kali dilihat oleh saksi I Nengah Manuaba, 52, yang kebetulan berada di sekitaran Pura Dalem dalam rangka Upacara Palebon Gria Daha Bedha. “Posisi setra ada di selatan Pura Dalem Kedaton,” kata Kompol Pramasetia.

Melihat ada kepulan asap tersebut, saksi langsung memberitahu warga di lokasi serta menghubungi pemadaman kebakaran. “Dua mobil damkar datang ke lokasi untuk memadamkan asap yang sudah melalap satu palinggih,” ujar Kompol Pramasetia.

Ditegaskan kebakaran terjadi diduga dari percikan pembakaran bade. Kebetulan di hari yang sama sedang berlangsung upacara ngaben di selatan pura. “Hanya satu palinggih yang terbakar, kerugian mencapai Rp 10 juta,” tandas Kompol Pramasetia.

Sementara itu Plt Kabid Damkar Tabanan I Wayan Suakta menegaskan, untuk memadamkan api yang membakar palinggih di Pura Dalem Kedaton ini mengerahkan dua unit damkar. Api dengan cepat dipadamkan begitu mendapat laporan dari warga. “Lokasi kebakaran dekat, sehingga api berhasil dikendalikan dengan cepat,” tandasnya. *des

Komentar