nusabali

Mambahayakan, Petugas BPBD Pangkas Dahan Pohon di Ubud

  • www.nusabali.com-mambahayakan-petugas-bpbd-pangkas-dahan-pohon-di-ubud

GIANYAR, NusaBali
Dahan pohon Loa patah bergelantungan di atas Jalan Raya Campuhan, Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar.

Guna mengantisipasi hal tidak diinginkan terhadap pohon itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar memangkas dahan tersebut, Selasa (25/1).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar  Gusti Ngurah Dibya Presasta menyatakan dahan pohon bergelantungan itu telah dilaporkan masyarakat setempat ke BPBD. Karena kondisi dahan cukup membahayakan jika tidak segera ditangani. “Dahan pohon Loa patah, tapi  masih nyangkut, sehingga bisa membahayakan pengguna Jalan Raya Campuhan dan art shop di sekitar,” ujar Dibya.

Jelasnya, dahan pohon itu patah hingga bergelantungan akibat cuaca ekstrem. “Bencana alam kayu patah ini tak sampai menimbulkan korban jiwa dan kerugian materiil,” ujar pejabat asal Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar ini.  

Dibya menjelaskan, BPBD mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gianyar beserta armada untuk menangani dahan itu. Petugas naik truk, kemudian memangkas dahan pohon yang bergelantungan.

Sekitar pukul 11.00 Wita dahan pohon yang nyangkut dapat ditangani dan dibersihkan. Usai pemangkasan, anggota TRC dan armada kembali ke posko.  “Kegiatan itu dipantau langsung Kalaksa (Kepala Pelaksana BPBD Gianyar, Red) dan pihak kepolisian,” jelas Dibya.*nvi

Komentar