nusabali

Eks Kendaraan Dinas Memprihatinkan

Sudah Dilelang Tapi Dibiarkan Terparkir di Puspem Badung

  • www.nusabali.com-eks-kendaraan-dinas-memprihatinkan

MANGUPURA, NusaBali
Eks kendaraan milik Pemkab Badung kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan sejumlah kendaraan sudah ditumbuhi rerumputan, Selasa (25/1).

Miris karena sebetulnya kendaraan tersebut sudah bukan milik Badung, melainkan milik pemenang lelang. Dari pengamatan di lapangan terdapat 16 kendaraan dinas termasuk dua mobil ambulan yang terparkir di sekitaran gudang penyimpanan aset milik pemkab. Belasan kendaraan itu kondisinya tak lagi terawat. Bahkan, sebagian bodi kendaraan sudah berkarat.

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Badung menegaskan sejumlah kendaraan yang terpakir di selatan Puspem Badung tersebut bukan lagi aset pemerintah. Sebab sudah dilelang melalui website Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Denpasar. Namun, pemenang lelang belum mengambil kendaraan tersebut.

“Kami sudah melaksanakan lelang. Proses lelang sudah selesai 31 Desember 2021 lalu dan sudah ada pemenang lelang,” jelas Kepala BPKAD Badung, Ida Ayu Istri Yanti Agustini saat ditemui usai rapat kerja di Gedung DPRD Badung, Senin (24/1) lalu.

Dayu Yanti Agustini menambahkan, penyebab proses lelang kendaraan milik Pemkab Badung tergolong lama, karena lelang harus melalui website KPKNL Denpasar. Sedangkan lembaga lelang tersebut hanya ada satu, untuk mewakili pemerintah kabupaten/kota yang ada di Bali. “Selain itu kadang ada gagal lelang, sebab tidak diperbolehkan melelang satu-satu, melainkan harus satu paket. Jadi berapa ada barang yang dilelang, itu harus semua laku dilelang. Seperti itu ketentuannya,” jelas mantan Kabid Pengelola Keuangan Daerah BPKAD Badung ini.

Meski sudah dilelang dan ada pemenangnya, namun sampai saat ini sejumlah kendaraan masih terpakir di Puspem Badung. “Jadi mereka (pemenang lelang) tinggal bayar dan mengambil barang lelangnya,” tegas Dayu Yanti Agustini. *ind

Komentar