nusabali

Depak Nigeria, Tunisia Hadapi Burkina Faso

  • www.nusabali.com-depak-nigeria-tunisia-hadapi-burkina-faso

GAROUA, NusaBali
Tunisia mendepak Nigeria dari babak 16 besar Piala Afrika 2021, dengan kemenangan 1-0, di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Kamerun, Senin (24/1) dinihari WITA.

Kemenangan itu membuat Tunisia melawan Burkina Faso di perempatfinal. Kemenangan Tunisia atas Nigeria relatif kejutan jika menilik catatan kedua tim di fase penyisihan grup. Nigeria menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih tiga kemenangan. Sedangkan Tunisia lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Kemenangan Tunisia disokong gol Youssef Mkani pada menit ke-47 dengan tembakan dari luar kotak penalti demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang Nigeria.

Nigeria sebetulnya tampil lebih agresif, tetapi dua peluang bagus dalam 15 menit pertama gagal diselesaikan Wilfried Ndidi dan Samuel Chukwueze. Upaya Nigeria bangkit dari ketertinggalan juga menemui rintangan karena harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-66 setelah Alex Iwobi menerima kartu merah usai melanggar Mkani.

Di perempatfinal Tunisia akan menghadapi Burkina Faso yang lebih dulu menyingkirkan Gabon lewat drama adu penalti 7-6, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di Stadion Limbe.

Laga lebih dulu diwarnai hujan lima kartu kuning --dua untuk Burkina Faso dan tiga bagi Gabon-- sebelum gol pertama lahir pada menit ke-28 dicetak Bertrand Traore.

Burkina Faso kecolongan semenit memasuki injury time. Bola tandukan Bruno Ecuele Manga berakhir menjadi gol bunuh diri yang dicetak Adama Guira dan menguapkan kemenangan Burkina Faso.

Skor 1-1 bertahan hingga bubaran waktu normal memaksa laga dilanjutkan babak tambahan 2x15 menit. Kedua tim tetap gagal mencetak gol lagi. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti. *ant

Komentar