nusabali

Kerajinan Tas Rotan Lombok

  • www.nusabali.com-kerajinan-tas-rotan-lombok

DENPASAR,NusaBali
Sektor pariwisata menggaet banyak sektor untuk tumbuh dan berkembang. Salah satunya kerajinan anyaman tas rotan khas Lombok.

Produk tas rotan yang populer disebut ‘tas roda’ karena bentuknya seperti roda kendaraan gampang ditemui di Bali. Terutama di sentra-sentra penjualan kerajinan; artshop, toko oleh-oleh maupun pasar seni.

Karena pandemi bisnis penjualan ‘tas roda’ ikut terdampak, signifikan. “Sebelum pandemi bisa lima kali pengiriman ke luar negeri. Jumlah sampai ribuan pieces,” ujar Lina, salah seorang karyawan di sentra pembuatan ‘tas roda’ di Jalan Raya Celuk, Sukawati,  Gianyar, Minggu (23/1).

Malaysia, negara-negara Eropa dan negara lainnya menjadi tujuan ekspor.  Sejak pandemi, pengiriman keluar negeri menurun. Rata- rata hanya sekali sebulan sekali.

“Terdampak sekali, karena pariwisata sepi,” ucap Lina. Demikian juga pemasaran di dalam negeri maupun pasar lokal, volumenya ikut menurun. “Namun permintaan masih tetap ada,”  lanjut Lina. Itulah yang membuat kerajinan tas roda masih  mampu bertahan. *K17

Komentar