nusabali

Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkot Siapkan 6 Langkah Strategis

Dari Isoter, Penegakan Prokes hingga Sembako ke Warga Terkonfirmasi

  • www.nusabali.com-tekan-lonjakan-kasus-covid-19-pemkot-siapkan-6-langkah-strategis

DENPASAR, NusaBali
Kasus Covid-19 yang mulai menunjukkan tren peningkatan sejak beberapa hari terakhir disikapi dengan cepat dan serius Pemkot Denpasar. Jajaran Satgas Covid-19 Pemkot Denpasar bersama Forkopimda langsung menggelar Rapat Koordinasi di Kantor Walikota Denpasar, Minggu (23/1).

Hal ini guna mengantisipasi adanya lonjakan kasus dan penularan Covid-19 Varian Omicron di Kota Denpasar. Rapat dipimpin Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana. Tampak hadir pula Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, perwakilan dari Polresta Denpasar,  perwakilan Kejari Denpasar, serta pimpinan OPD terkait yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kota Denpasar.

Walikota Jaya Negara mengatakan Rakor dilaksanakan sebagai tindaklanjut atas tren peningkatan kasus yang mulai terjadi di Kota Denpasar. Pelaksanaan rapat ini bertujuan untuk memastikan seluruh sektor baik pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Denpasar berfungsi dengan optimal.

“Rapat kali ini kami maksudkan untuk mengecek keseiapan seluruh jajaran lantaran kasus Covid-19 mulai menunjukkan peningkatan, ini yang kita antisipasi untuk menekan terjadinya lonjakan kasus,” ujar Jaya Negara. Lebih lanjut dijelaskan, rapat kali ini juga merancang 6 langkah strategis mengatasi lonjakan kasus Covid-19, mulai dari peningkatan kapasitas 3 T (tracing, testing, treatment), menggencarkan pelaksanaan vaksinasi termasuk booster, mewajibkan penerapan aplikasi Peduli Lindungi dan menyiapkan Isolasi Terpusat (Isoter).

Selain itu juga optimalisasi rumah sakit rujukan mulai dati ketersediaan bed, oksigen dan obat-obatan, dan menggencarkan Operasi Yustisi Penegakan Prokes, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi (5M) hingga pemberian bantuan sembako bagi masyarakat Kota Denpasar yang terkonfirmasi Covid-19.

“Jadi beberapa langkah strategis ini kami akan terus optimalkan, tadi kami sudah cek satu per satu, untuk Isoter sudah siap, penjemputan dan tenaga medis juga sudah, harapan kami masyarakat yang masih isoman bisa dirujuk ke Isoter mulai hari ini, sehingga bisa memutus penularan Covid-19,” kata Jaya Negara.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga telah memastikan kesiapan RS Rujukan Covid-19 di Kota Denpasar. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan oksigen, tempat tidur dan obat-obatan. “Tadi sudah kita cek, RSUD Wangaya untuk oksigen, tempat tidur dan obat masih mencukupi, semoga lonjakan bisa kita antisipasi sejak dini, dan untuk sembako kita juga sudah sediakan bagi masyarakat Kota Denpasar yang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Jaya Negara juga menekankan kepada jajaran terbawah, yakni Satgas Covid-19 di tingkat Desa/Kelurahan sebagai ujung tombak pencegahan penularan Covid-19 untuk tidak lengah. “Kami sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi atas usaha rekan-rekan selama ini, namun untuk mencegah terjadinya lonjakan, kembali kami ingatkan agar tidak lengah, penerapan disiplin protokol kesehatan itu wajib, scan Pedulilindungi juga wajib, jangan kendor, mari bersama saling mendukung dan bersinergi dalam penanganan pandemi,” ujar Jaya Negara sembari mengajak masyarakat untuk menerapkan disiplin 5M di manapun dan kapanpun.  Seperti diketahui kasus Covid-19 pada Sabtu (22/1) sebanyak 18 kasus, 11 kasus merupakan KTP luar Denpasar dan 7 KTP Denpasar. *mis

Komentar