nusabali

BPS Gandeng Dinas Kominfo Padankan Data

  • www.nusabali.com-bps-gandeng-dinas-kominfo-padankan-data

SINGARAJA, NusaBali
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buleleng menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfo Santi) Kabupaten Buleleng, untuk menyusun data Buleleng dalam angka 2022. Sinergitas yang dibangun untuk memadankan data statistik di Buleleng.

Kepala BPS Buleleng, Made Bimbo Abdi Suardika mengatakan, kerjasama akan dilakukan bersama Dinas Kominfo Santi untuk menyusun buku Buleleng Dalam Angka 2022 oleh BPS Buleleng dan Buleleng Membangun 2022 oleh Dinas Kominfo Santi Buleleng. Koordinasi dan sinergitas ini pun diharapkan dapat mengefisiensi dan mengefektifkan kerja statistik di Kabupaten Buleleng.

“Buleleng Dalam Angka dan Buleleng Membangun 2022 kita integrasikan sehingga tidak ada data-data yang duplikasi, kemudian pelaksanaannya terintegrasi,” ungkap Bimbo, Jumat (21/1) lalu. Selain itu, sinergitas ini juga sejalan dengan upaya mewujudkan program kerja pemerintah yaitu Satu Data Indonesia (SDI).

“Cikal bakal ini mudah-mudahan membesar untuk membentuk satu portal SDI Kabupaten Buleleng,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Santi Buleleng, Ketut Suwarmawan mengaku sangat antusias dengan sinergitas yang dilakukan oleh kedua belah pihak dalam mewujudkan SDI. Hal itu karena akan saling menguntungkan.

“Kita sangat membutuhkan sinergi ini dengan BPS karena kita juga membutuhkan data tersebut untuk kita susun di buku Buleleng Membangun 2022,” jelasnya Suwarmawan. Sinergitas yang dilakukan juga disebut Suwarmawan untuk validasi data. Sehingga data yang tersusun sebagai bahan dalam buku mendekati valid. Sehingga kesalahan data dapat dihindari. *k23

Komentar