nusabali

PDIP Tanam 3.000 Bibit Mangrove di Pantai Tuwed, Jembrana

  • www.nusabali.com-pdip-tanam-3000-bibit-mangrove-di-pantai-tuwed-jembrana

NEGARA, NusaBali
Jajaran DPC PDIP Jembrana dan Tabanan menggelar penanaman 3.000 bibit mangrove di pesisir Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (23/1) pagi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-49 PDIP sekaligus hari lahir ke-75 Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Januari. Kegiatan penanaman mangrove di Pantai Tuwed ini, dihadiri Ketua Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup DPP PDIP I Made Urip dan anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya. Hadir juga Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPD PDIP Bali I Ketut 'Boping' Suryadi, Ketua DPC PDIP Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPC PDIP Tabanan yang juga Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan segenap pengurus, fraksi, serta relawan DPC PDIP Jembrana dan Tabanan.

Ketua Panitia, I Ketut 'Cuhok' Suastika mengatakan, total ada sebanyak 1.300 peserta dalam penanaman 3.000 mangrove di Pantai Tuwed. Peserta itu, di antaranya terdiri dari 1.000 peserta dari jajaran PDIP Jembrana dan 300 peserta dari jajaran PDIP Tabanan. "Kita tanam 3.000 bibit mangrove di areal pesisir taman mangrove Pantai Tuwed seluas 5 hektare. Setiap orang menanam 2 sampai 3 pohon," ucap Cuhok, anggota Fraksi PDIP DPRD Jembrana yang juga Ketua PAC PDIP Melaya ini.

Cuhok mengatakan, selain dalam rangka memperingati HUT ke-49 PDIP, kegiatan penanaman ribuan mangrove itu, juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Di sela-sela kegiatan itu, juga dilaksanakan pemotongan tumpeng dan dokumentasi video ucapan selamat ulang tahun kepada Megawati Soekarnoputri. "Kegiatan ini dilaksanakan atas kecintaan Ibu Mega terhadap alam. Serentak se-Indonesia, seluruh kader menanam pohon sebagai sebuah gerakan menjaga alam. Dari pengarahan dari DPP, kita di PDIP diwajibkan ikut menjaga dan merawat alam. Jadi tidak sekedar ditanam. Namun harus dirawat sampai terus tumbuh," ucapnya.

Sementara Ketua DPC PDIP Jembrana I Made Kembang Hartawan mengatakan, selaku pribadi dan kader PDIP merasa bangga dengan dipilihnya penanaman ribuan mangrove di Jembrana. Menurutnya, penanaman ribuan mangrove ini, adalah upaya PDIP untuk merawat bumi, menjaga ibu pertiwi dan menjaga alam. Hal ini pun bertujuan agar masyarakat terjaga dari bencana. *ode

Komentar