nusabali

8 Kasek Dapat Predikat Sangat Memuaskan

  • www.nusabali.com-8-kasek-dapat-predikat-sangat-memuaskan

AMLAPURA, NusaBali
Sejumlah Kepala Sekolah SD lulus dengan predikat sangat memuaskan, saat mengikuti pendidikan dan pelatihan di Kantor Disdikpora Karangasem selama tiga bulan, Oktober -Desember 2021.

Mereka menyebut meraih predikat itu tidak mudah, mesti mampu menuntaskan setiap tahapan dengan hasil di atas rata-rata peserta lainnya.

"Hanya semua materi bisa dikerjakan, dengan tuntas, walau berpredikat sangat memuaskan, bukan berarti paling istimewa," jelas Desak Putu Putri Erniwati, Kasek SDN 3 Tianyar, Kecamatan Kubu dihubungi di Kantor Disdikpora Karangasem Jalan Veteran Amlapura, Sabtu (22/1).

Hanya saja kata Kasek SDN 3 Tianyar, sejak tahun 2018, selama diklat diikuti tidak ada kendala. Sebab, diklat calon kepala sekolah, sedangkan kenyataannya telah jadi kepala sekolah, sehingga semua materi yang didapatkan, telah diimplementasikan sehari-hari. "Hanya saja, di akhir diklat dapat predikat sangat memuaskan, saya tidak menyangka dengan predikat itu," tambahnya.

Ida Ayu Putu Candrawati Kasek SDN 3 Tegallinggah, Kecamatan Karangasem juga mengaku, bukan yang istimewa. Terpenting, telah dinyatakan lulus cakep, dan resmi jadi kepala sekolah. Sebab, dijadikan kepala sekolah, tetapi belum menyandang predikat calon kepala sekolah. "Sehingga secara administrasi sah jadi kepala sekolah, karena telah melalui cakep," jelas pendidik dari Geria Rendang Kelor, Jalan Sudirman Amlapura.

Ni Luh Sari Suryastini Kasek SDN 3 Padangkerta, Kecamatan Karangasem juga mengatakan demikian. "Sama dengan peserta lain, karena mengikuti diklat cakep, telah menjadi kepala sekolah, sehingga tidak menemui kesulitan. Apa yang diajarkan asesor, telah diimplementasikan di sekolah," jelasnya.

Paling tidak kemampuan Kasek SD dari kelompok wanita dengan Kasek SD dari kelompok laki, bersaing meraih predikat sangat memuaskan, dari delapan Kasek SD, masing-masing 4 kasek meraih predikat sangat memuaskan. Satu lagi Kasek SDN 3 Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Ni Nyoman Budi Parwati meraih predikat sangat memuaskan.

Sedangkan empat kasek lainnya yang berpredikat sangat memuaskan: I Wayan Mulus Muliadi Kasek SDN 4 Besakih, I Ketut Parna Kasek SDN 2 Tianyar Tengah, I Made Ari Artana Kasek SDN 2 Datah dan I Ketut Kesna Jaya Kasek SDN 1 Abang. Sedangkan yang ikut diklat, 57 Kasek SD.

Pengawas SD Disdikpora Kecamatan Kubu Ni Nengah Sari dari Banjar/Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu merasa bangga, kasek binaannya meraih predikat sangat memuaskan, atas nama Desak Putu Putri Erniwati.

"Saya merasa bangga, Kasek SD binaan saya meraih predikat sangat memuaskan, mudah-mudahan berimbas ke sekolah lain," harap, peraih Trofi Widya Kusuma 2013, lulusan predikat cumlaude pascasarjana IHD (Institut Hindu Dharma) Negeri Denpasar 2007.

Mantan guru berprestasi Provinsi Bali tahun 2005, Kasek Berprestasi Provinsi Bali 2010, dan tokoh Perempuan Bali 2011, berjanji ke depan mencetak Kasek SD berprestasi, agar mutu pendidikan terus meningkat. *k16

Komentar