nusabali

Satgas Mulai Jemput Pasien Isoman

Cegah Penularan Covid-19 Meluas Lagi di Denpasar

  • www.nusabali.com-satgas-mulai-jemput-pasien-isoman

Isolasi terpusat diyakini efektif dalam mencegah penularan Covid-19, terutama dalam klaster keluarga yang berpotensi timbulkan ledakan kasus

DENPASAR, NusaBali

Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kota Denpasar lakukan rujukan dengan jemput bola bagi pasien yang isolasi mandiri (isoman) menuju isolasi terpusat (isoter) yang sudah mulai dilakukan sejak, Minggu (23/1). Langkah ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 semakin meluas, khususnya menghindari masuknya varian Omicron ke Bali khususnya Denpasar.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan Satgas mulai merujuk pasien Isoman menuju Isoter. Hal ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut arahan Walikota Denpasar untuk mendukung wajib isoter sebagai upaya memutus penularan Covid-19 di Kota Denpasar. “Hari ini (kemarin, Red) dengan cara yang humanis dan persuasif kami langsung proses penjemputan masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bergejala atau gejala ringan atau yang sedang isoman langsung dirujuk menuju lokasi isoter yang sudah disiapkan,” kata Dewa Rai.

Lebih lanjut dijelaskan, optimalisasi isolasi terpusat merupakan tindakan  berkelanjutan untuk mencegah lonjakan kasus. Terlebih lagi saat ini untuk mengantisipasi penularan Varian Omicron.

"Intinya kami ingin mengendalikan kasus sejak awal sehingga tidak meledak dan sampai menghentikan kegiatan perekonomian masyarakat lagi yang sudah mulai pulih. Jika kasus terkendali ekonomi tentu akan tetap  bergerak," kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar ini.

Dewa Rai menjelaskan, pelaksanaan isolasi terpusat hingga saat ini diyakini efektif dalam mencegah penularan Covid-19. Hal ini utamanya dalam klaster keluarga yang berpotensi menimbulkan ledakan kasus. Hal ini berkaca dari pengalaman penanganan kasus Covid-19 tahun 2021 lalu.

“Program isoter di Kota Denpasar sudah dari dulu, dan karena ini efektif tinggal dilanjutkan untuk mendukung percepatan penanganan pandemi dan mencegah penularan, dengan demikian ekonomi dapat bangkit kembali Yang terbaru kita menyediakan salah satu hotel di pusat Kota Denpasar dan Wisma Werdhapura,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Satgas Covid-19 Kota Denpasar tengah menggencarkan pola 3 T, yakni Test, Tracing dan Treatment juga terus digencarkan. Penambahan personel juga terus dioptimalkan. Bahkan untuk mendukung pelaksanaan tracing turut dilibatkan Kaling dan Kadus serta Babinsa dan Babinkamtibmas. Selain itu untuk mendukung treatment dan pemulihan juga dilaksanakan optimalisasi Rumah Sakit Rujukan dan Penambahan Lokasi Isolasi terpusat. Masyarakat agar tetap disiplin menerapkan disiplin prokes. *mis

Komentar