nusabali

Siswi SMAN 2 Amlapura Raih Beasiswa Kuliah di AS

  • www.nusabali.com-siswi-sman-2-amlapura-raih-beasiswa-kuliah-di-as

AMLAPURA, NusaBali
Siswi kelas XII MIPA (Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam) SMAN 2 Amlapura Meliana Putri raih beasiswa kuliah di University of Illinois Urbana Champaign Amerika Serikat.

Meliana meraih beasiswa melalui jalur afirmasi bersama 4 siswa lainnya di Bali. Setamat SMAN 2 Amlapura akan berangkat ke AS.

Meliana Putri mangungkapkan, sebanyak 18 siswa dari Bali meraih beasiswa kuliah di 10 universitas di luar negeri melalui program Indonesia Maju yang digagas Presiden Joko Widodo. Meliani Putri lolos melalui jalur afirmasi bersama I Putu Wisnu Jaya Wardana dari SMAN 1 Singaraja yang diterima di jurusan Matematika University of British  Colombia, I Dewa Gede Essa Satria Widana dari SMAN 1 Tabanan diterima di Farmakologi University of British Colombia, Ni Putu Saraswati Maharani Devi Dasi dari SMAN 3 Denpasar diterima di jurusan Biological Science di University of British Colombia, dan Diah Septa Lingga Pratiwi siswa SMAN 2 Semarapura diterima di jurusan psychology University of Lilinois Urbana Champaign AS.

Sedangkan 13 siswa lainnya lolos melalui jalur reguler. "Saya berangkat ke Jakarta, Minggu (23/1) untuk pembekalan, sekarang masih mengurus paspor," kata Meliani Putri, Jumat (21/1). Meliani Putri yang juara PKTP (penanggulangan kanker terpadu paripurna) Tingkat Kabupaten Karangasem 2018 dan juara Komputerisasi Aksara Bali Tingkat Provinsi Bali 2017 ini menuturkan, mendaftar dengan mengisi formulir sebagai syarat administrasi dan ikut wawancara. Guna menguatkan dirinya dari keluarga kurang mampu ada surat keterangan dari Kepala Lingkungan Kodok Darsana, Lurah Karangasem dan SMAN 2 Amlapura. Meliani Putri punya cita-cita jadi dokter, tetapi beralih ke jurusan teknik. "Ya, masih ada kesesuaian, tidak beda jauh. Beasiswa itu tidak ada pilihan fakultas kedokteran," lanjut putri bungsu dari tiga bersaudara dari keluarga Tan Tiong Ik (alm) dan Ni Nyoman Kasih ini.

Kasek SMAN 2 Amlapura Wayan Sugiana mengapresiasi keberhasilan siswanya meraih beasiswa kuliah di AS. "Sebelumnya, siswi SMAN 2 Amlapura, hanya tugas belajar 11 bulan di Amerika Serikat, setelah itu kembali sekolah untuk menamatkan SMAN 2 Amlapura, itu bukan beasiswa kuliah," kata Wayan Sugiana.

Siswa yang dimaksud yakni Lidya Stephanie Sentosa. "Saya berharap siswa lain termotivasi untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri, selain gratis, mendapatkan ilmu pengetahuan jauh lebih berkualitas," harapnya.

Terlebih lagi Meliana Putri kuliah di University of Illinois Urbana Champaign AS, merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat didirikan tahun 1885. *k16

Komentar