nusabali

5 Fungsi Tabungan dan Keuntungannya Bagi Anak Muda

  • www.nusabali.com-5-fungsi-tabungan-dan-keuntungannya-bagi-anak-muda

DENPASAR, NusaBali.com - Banyak orang tua yang sudah mengajari dan menanamkan pentingnya menabung sejak dini. Bukan tanpa alasan, menabung memang perlu dibiasakan karena akan mendatangkan banyak sekali keuntungan bagi generasi muda.

Fungsi tabungan adalah sebagai dana darurat untuk berbagai kebutuhan mendesak di masa mendatang. Lalu, apa saja keuntungannya? 

Fungsi Tabungan dan Keuntungannya bagi Anak Muda 

Selain sebagai dana darurat, inilah berbagai keuntungan dari kegiatan menabung bagi anak muda: 

1. Agar Bisa Menghargai Uang 

Anak muda biasanya kurang bisa menghargai uang yang ada di tangannya. Hal tersebut karena terlalu bergantung pada orang tua yang siap memberikan uang kapan diminta. Padahal kebiasaan ini bisa menjadi salah satu kebiasaan buruk dan merugikan di masa depan. Jika anak tidak bisa menghargai uang maka nanti ketika sudah dewasa, hidupnya akan tidak terarah bahkan cenderung mengalami kesulitan finansial. Berbeda jika anak sudah diajarkan menabung sejak dini.

Cara awal membiasakan anak muda untuk menabung adalah dengan membatasi uang saku dan saat ingin membeli barang harus menyisihkan sedikit dari uang saku tersebut. Ketika target tabungan sudah tercapai anak akan merasa bahwa untuk mengumpulkan uang perlu usaha, sehingga akan lebih menghargai uang.

2. Untuk Menerapkan Kedisiplinan

Tabungan bagi anak muda memang bukan sesuatu yang menarik. Namun keuntungan yang didapatkan dari memiliki tabungan ini sendiri bisa dirasakan setelah menjalankan kegiatan saving itu sendiri. Tanpa sadar anak jadi lebih disiplin pada dirinya sendiri. Disiplin untuk menyisihkan uang agar jumlah tabungan sesuai dengan target hingga lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

3. Melatih Kemandirian Finansial 

Memiliki tabungan sendiri artinya anak sudah belajar untuk mulai mandiri. Jika sudah terbiasa menabung, anak akan lebih bisa mengatur keuangannya sendiri serta bisa memenuhi kebutuhan atau keinginannya melalui tabungan yang dimiliki. Setelah merasa mampu untuk mandiri tentu anak tersebut akan bangga dengan dirinya sendiri karena mampu untuk memenuhi kebutuhannya tanpa merepotkan orang lain. Ini bagus di masa depan karena anak yang mandiri akan berusaha lebih keras untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan tanpa merepotkan orang disekitarnya.

4. Memiliki Dana Darurat

Dana darurat merupakan uang yang sengaja disimpan dan tidak digunakan jika tidak ada kondisi atau keadaan yang sangat mendesak. Biasanya anak muda tidak berpikir sampai kesana. Awalnya anak muda menabung karena sedang menginginkan barang tertentu, belum paham akan konsep dana darurat. Setelah sudah biasa menabung baru anak akan mengerti apa fungsi dari tabungannya terutama saat masa sulit yang terjadi tiba-tiba. 

5. Mempersiapkan Masa Depan 

Tabungan memang berkaitan erat dengan masa depan. Orang menabung untuk memiliki masa depan yang lebih terarah dan terjamin. Hal ini karena masa depan tidak ada yang bisa memprediksi namun bisa diantisipasi dan direncanakan. Cara mengantisipasi serta merencanakannya tentu melalui tabungan tersebut. 

Fungsi dan keuntungan memiliki tabungan bagi anak muda memang tidak dirasakan langsung karena memang tabungan ini baru akan digunakan untuk masa depan, misalnya saja untuk kuliah. Tabungan adalah investasi jangka panjang yang sangat mempengaruhi kondisi finansial dan masa depan seseorang.

Sekarang ini memiliki tabungan sendiri sangat mudah apalagi jika memanfaatkan kecanggihan teknologi. Misalnya dengan membuka tabungan di Senyumku yang merupakan aplikasi Bank Digital & Deposito. Aplikasi ini siap membantu nasabah dalam membuka tabungan, mencatat aliran keuangan, serta mengatur keuangan bulanan dengan praktis dalam satu aplikasi.

Cara pembukaan rekening Senyumku juga sangat mudah dan bisa anak muda akses dengan smartphone. Cukup siapkan KTP dan isi formulir di dalam aplikasi bank digital Senyumku. Dalam hitungan menit, rekening akan jadi dan bisa mulai menikmati berbagai layanan digital banking. Bersama Senyumku, nikmati kemudahan menabung digital dengan aman dan nyaman!*

Komentar