nusabali

RSUD Sanjiwani Layani Vaksinasi Booster

  • www.nusabali.com-rsud-sanjiwani-layani-vaksinasi-booster

GIANYAR, NusaBali
Dinas Kesehatan (Dinkes) Gianyar secara bertahap mulai melayani vaksinasi booster atau vaksinasi tahap ketiga.

Untuk masyarakat umum, vaksinasi booster sudah bisa didapatkan di RSUD Sanjiwani Gianyar. Namun, jika masyarakat ingin mendapatkan pelayanan booster berbasis desa, Dinkes Gianyar akan melakukan vaksinasi berbasis desa pada pekan depan.


"Saat ini masyarakat umum sudah bisa melakukan vaksin booster. Tapi baru bisa dilakukan di RSUD Sanjiwani Gianyar. Tiap hari buka. Silahkan yang sudah vaksin dua kali dan sudah enam bulan, apapun itu, baik Astrazeneca maupun Sinovac, silahkan datang ke RSUD Sanjiwani. Gratis untuk rakyat Indonesia," jelas Kepala Dinkes Gianyar dr Ida Komang Upeksa, saat dikonfirmasi, Kamis (20/1).

Mantan Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar tersebut mengatakan, sejatinya vaksinasi booster telah berjalan di Kabupaten Gianyar sejak Senin (17/1) lalu. Namun karena vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun belum rampung, sehingga untuk pekan ini pihaknya masih fokus memberikan vaksinasi dosis kedua untuk anak.

"Vaksin booster, sudah kami laksanakan per Senin lalu. Karena berbarengan dengan vaksinasi kedua anak sekolah, jadi kami sempat lakukan vaksinasi booster dua hari, lalu lanjut ke anak sekolah. Karena vaksin kedua itu tidak boleh ditunda," ujarnya.

Pihaknya menargetkan pekan ini, vaksinasi tahap II anak usia 6 - 11 tahun sudah rampung, sehingga pekan depan petugas vaksin bisa fokus melayani booster berbasis banjar. "Minggu depan baru kami fokus vaksin booster berbasis desa. Hari ini sudah ada beberapa desa yang melaksanakan vaksin booster, tapi tidak banyak," ujarnya.

Upeksa mengatakan, musim hujan saat ini menjadi kendala dalam vaksinasi. Sebab tingkat kehadiran masyarakat kurang maksimal. "Kendala besar tidak ada. Cuma yang menjadi kendala, di musim hujan ini kehadiran masyarakat berkurang. Tapi semangat masyarakat cukup bagus,’’ ujarnya.

Dia mengklaim, cakupan vaksinasi kami di Bali, secara nasional Gianyar ranking 2, lansia juga ranking 2 setelah DKI Jakarta. Vaksinasi anak 6-11 tahun, Gianyar juga  ranking 1 secara nasional.

Upeksa berpesan kepada masyarakat agar memanfaatkan ketersediaan vaksin booster yang ada saat ini. "Untuk masyarakat Gianyar, karena vaksin booster telah siap, silahkan datang ke banjar nanti dan ke rumah sakit kalau ada komorbid. Target kami untuk vaksinasi booster itu 100 persen," ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi booster ini ditarget rampung hanya dua bulan. "Pelaksanaan vaksin ke 2 dulu di kami sasarannya 340.000 orang. Itu karena setiap hari bisa melaksanakan vaksinasi 6.000 - 7.000 orang. Kalau saat vaksinasi booster berbasis desa nanti semua masyarakat banjar datang ketika ada jadwalnya, dalam dua bulan target 100 persen pasti bisa terealisasi," ujarnya optimis. *nvi

Komentar