nusabali

Timsel Calon Anggota KPU-Bawaslu RI Laporkan Hasil Seleksi

  • www.nusabali.com-timsel-calon-anggota-kpu-bawaslu-ri-laporkan-hasil-seleksi

JAKARTA, NusaBali
Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI melaporkan hasil seleksi terakhir kepada Komisi II DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU).

Ada 14 nama calon Anggota KPU RI dan 10 calon Anggota Bawaslu RI telah mereka serahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 6 Januari 2022 lalu. Salah satunya, ada incumbent I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Ketua Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI, Juri Ardiantoro mengatakan timsel telah bekerja selama tiga bulan. Mereka mulai bekerja sejak 15 Oktober 2021 hingga 6 Januari. "Ada 868 orang mendaftar. Terdiri dari 492 mendaftar menjadi calon anggota KPU RI dan 376 mendaftar sebagai calon Bawaslu RI," ujar Juri saat RDPU dengan Komisi II DPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1).

Dari 868 tersebut, yang lolos administrasi 629. Mereka selanjutnya mengikuti tahapan seleksi. Mulai dari tes psikologi, tes tertulis dan penulisan makalah. Dari seleksi tersebut lolos 48 orang dengan rincian 28 orang merupakan calon Anggota KPU RI dan 20 orang calon Anggota Bawaslu RI. Selanjutnya mereka mengikuti tes psikologi lanjutan, tes kesehatan dan wawancara. Dari proses itu, terjaring 14 orang calon Anggota KPU RI dan 10 orang calon Anggota Bawaslu RI yang diserahkan kepada Presiden Jokowi pada 6 Januari 2022.

Menurut Juri, untuk mendapatkan 14 orang calon Anggota KPU RI dan 10 orang calon Anggota Bawaslu RI, timsel melakukan berbagai tahapan. "Kami melakukan profiling mereka, rekam jejak, pengalaman dan kepemimpinan melalui berbagai jalur," jelas Juri.

Hasilnya, Ke 10 Calon Anggota Bawaslu terdiri dari tujuh orang laki-laki dan tiga orang perempuan. Mereka adalah Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair dan Totok Hariyono. Sementara 14 Calon Anggota KPU RI terdiri atas empat orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Mereka adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat. Calon Anggota KPU RI hampir mencapai 30 persen perempuan.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengapresiasi kerja timsel. "Info terakhir, presiden sudah mengirim surat ke DPR RI beberapa hari lalu. Surat masih ada dipimpinan. Kami masih menunggu Rapat Bamus untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan," jelas anggota Fraksi Golkar ini.  *k22

Komentar