nusabali

Krama yang Ikut Palebon Tjokorda Pemecutan XI Dites Antigen

  • www.nusabali.com-krama-yang-ikut-palebon-tjokorda-pemecutan-xi-dites-antigen

DENPASAR, NusaBali.com - Puncak acara palebon Ida Tjokorda Pemecutan XI akan dilaksanakan, Jumat (21/1/2022). Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di masa pandemi, para peserta upacara palebon yang disebut Pratiwa Nyawa Ngasti Wedana mengikuti tes Covid-19 berbasis antigen sehari sebelumnya, Kamis (20/1/2022).

Pelaksanaannya dibantu pihak Dinas Kesehatan Provinsi Bali bertempat di Puri Agung Pemecutan. Peserta yang mengikuti tes berjumlah sekitar 500 orang terdiri dari para sameton Puri Pemecutan di 7 banjar di Desa Adat Denpasar, dan tentunya pihak keluarga di Puri Agung Pemecutan.

“Masa pandemi sekarang ini adalah masa-masa yang harus kita waspadai. Kita turut mengikuti peraturan-peraturan yang dibuat oleh Guru Wisesa (pemerintah). Kita mentaati peraturan tersebut dengan melakukan rapid tes antigen yang kami selenggarakan pada pagi hari ini,” terang Ketua Umum Warga Ageng Pemecutan, Anak Agung Ngurah Rai Sudarma, ditemui NusaBali.com, Kamis (20/1/2022) pagi, di Puri Agung Pemecutan.

“Seluruh pelaksana rangkaian upacara, itu kami rapid test (antigen), dan dengan syarat juga memiliki aplikasi PeduliLindungi. Jadi itu syarat-syarat kami untuk menerapkan protokol kesehatan selain diwajibkan memakai masker pada saat kegiatan palebon nanti,” lanjut Rai Sudarma.

Rai Sudarma yang juga merupakan Bendesa Desa Adat Denpasar mengungkapkan, dikarenakan pandemi tidak seluruh banjar yang ada di Desa Adat Denpasar mengirimkan perwakilannya mengikuti rangkaian upacara palebon Ida Tjokorda Pemecutan XI. 

Dari 105 banjar yang ada di Desa Adat Denpasar, hanya tujuh banjar yang akan diikutsertakan dalam palebon Raja Pemecutan. Masing-masing banjar akan diwakili oleh 25-50 orang untuk mengikuti tahapan upacara dari awal hingga akhir nanti.

Rai Sudarma menambahkan, untuk memastikan jalannya upacara berlangsung lancar,  pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan meliputi, Polda Bali, Polresta Denpasar, Dinas Perhubungan Denpasar, hingga kelian banjar di Desa Adat Denpasar yang akan mengirimkan pecalang.

“Masing-masing banjar nanti akan mengirimkan satu orang pecalangnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, rangkaian palebon Ida Tjokorda Pemecutan besok sudah akan dimulai sejak pukul 03.00 Wita dengan upacara puja pebasmian. Dilanjutkan dengan upacara bumi suda, melaspas bade, melaspas turun layon, hingga pada tengah hari pukul 12.05 Wita jenazah Tjokorda Pemecutan dinaikkan ke atas bade tumpang solas setinggi 18 meter menuju setra (tunon) melaksanakan upacara pembakaran jenazah. 

Sementara upacara pengayutan atau menghanyutkan abu jenazah Tjokorda Pemecutan di pantai akan berlangsung selepas sore hari sekitar pukul 19.00 Wita.

Komentar