nusabali

Pasca Tinggalkan Nosstress, Cok Gus Rilis ‘Ya Sudahlah’

  • www.nusabali.com-pasca-tinggalkan-nosstress-cok-gus-rilis-ya-sudahlah

DENPASAR, NusaBali.com - Eks personel Nosstress, Tjokorda Bagus Pemayun atau yang akrab disapa Cok Gus, kini memilih jalan dan nasibnya sendiri untuk menguji pertarungan dan peruntungannya di rimba musik tanah air. Singlenya akan dapat segera dinikmati pada kanal musik digital kesayangan penggemarnya.

Pada 20 Januari 2022 mendatang, Cok Gus rencananya akan meluncurkan single pertamanya  yang berjudul ‘Ya Sudahlah’. ‘Ya Sudahlah’ hadir dengan tanpa basa-basi dan banyak narasi. Namun single ini cukup asyik untuk mengiringi saat-saat ngopi para pecinta musik folk dalam dan luar negeri.

“Berkarya dengan hati, mencoba memerdekakan diri sendiri,” ujar Cok Gus, Rabu (19/1/2022), ketika ditanya proses kreatifnya dalam penggarapan single pertama ini.

Sebagai musisi, Cok Gus memang sangat identik dengan Nosstress, band yang dirintisnya sejak tahun 2008 lalu. Namun, pada 24 November 2020, ia mengumumkan mengakhiri kebersamaan bersama rekan-rekannya.

Keputusan Cok Gus meninggalkan Nosstress sungguh mengejutkan para penggemar band folks asal Bali tersebut. Mereka pun menyayangkan langkah yang diambil sang idola. Bahkan akun media sosial pria yang andal menepak cajon ini dibanjiri komentar para penggemar. Kebanyakan mereka menyayangkan keputusan Cok Gus dan memintanya agar  mengurungkan niat keluar dari Nosstress.

Namun Cok Gus tetap memilih untuk mengikuti kata hatinya. Memilih lepas dari Nosstress dan kembali berkarya karena pesan mendiang Ibunya. 

Ia resmi mundur dari Nosstress yang sebetulnya sudah kian berkembang. Kali ini dia bertarung sendiri. Dia menggarap beberapa karya solo hingga berhasil menciptakan lima buah lagu karyanya sendiri.

“Dengan karya solo saya ini, saya merasa lebih tenang dalam bermusik. Apapun hasilnya nanti, saya senang bisa berkarya dengan tenang dan jujur kepada diri saya sendiri,” kata Cok Gus.

Dalam penggarapan single pertamanya, Cok Gus dibantu oleh beberapa kawan yang pasang badan untuk mendukung penuh karya-karyanya. Agung Wiryawan, Bono Sony, dan Fendy Rizk adalah nama-nama musisi pendukung dalam single ini.
 
Deny Surya dan Fendy Rizk menjadi sound engineer dalam proses rekaman lagu ini. Mixing dan mastering juga dlilakukan oleh Deny Surya di bawah naungan Lengkung Langit Studio. Artwork digarap oleh Kedux, layout digarap oleh Arik Taplon, layout gerak oleh Gus Karisma, dan fotografi digarap Hendra.
  
Hasilnya, ‘Ya Sudahlah’ menjadi karya senyatanya yang mengalir ke telinga pendengar.

Tak sebatas itu, proses pembuatan lagu ini banyak dilatarbelakangi oleh satu momen emosional yang dialami Cok Gus, yaitu ketika hampir satu tahun Cok Gus merawat mendiang ibunya.
 
"Lagu ini saya persembahkan untuk ibu saya. Saya akan terus berusaha melunasi pesan-pesannya agar terus berkarya," ucapnya.

Komentar