nusabali

Siapkan Parade Ogoh-ogoh, Klungkung Anggarkan Rp 77 Juta

  • www.nusabali.com-siapkan-parade-ogoh-ogoh-klungkung-anggarkan-rp-77-juta

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kebudayaan Klungkung mengalokasikan anggaran Rp 77 juta untuk Parade Ogoh-ogoh, serangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, Kamis (3/3).

Dalam parade ini, tiap kecamatan mengirim satu Ogoh-ogoh sehingga akan ada 4 Ogoh-ogoh.  Tiga peserta parade Ogoh-ogoh dari Klungkung Daratan yakni Kecamatan Klungkung, Banjarangkan, dan Kecamatan, mendapat dana pembinaan Rp 18 juta/peserta. Sedangkan, khusus peserta dari Kecamatan Nusa Penida, dapat Rp 23 juta. Karena untuk sampai ke Klungkung Daratan harus menyeberang lewat jalur laut. ‘’Namun terkait pelaksanaan parade ini masih harus menunggu SE Gubernur Bali yang khusus mengatur tentang pelaksanaan perlombaan atau pun parade Ogoh-ogoh," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Klungkung Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, Selasa (18/1).

Disinggung mengenai keputusan bendesa adat di tiga kecamatan di Klungkung Daratan tidak akan membuat dan mengarak Ogoh-ogoh di masing-masing desa adat, Gus Jumpung menyebut, hal itu berada di ranah adat. Karena keputusan itu tidak mengatur untuk lomba atau parade Ogoh-ogoh. "Sesuai petunjuk bupati, kami menunggu penegasan dari Gubernur Bali," kata Gus Jumpung.

Jika ada SE dari Gubernur Bali yang khusus mengatur parade atau Lomba Ogoh-ogoh, maka pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan kecamatan. Karena Pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp 77 juta untuk dana pembinaan jika dilaksanakan kembali parade Ogoh-ogoh. "Namun, karena refocusing anggaran, tahun ini per kecamatan di Klungkung hanya diwakilkan oleh satu Ogoh-ogoh," kata Gus Jumpung. Jelas dia, parade ini untuk memfasilitasi kreativitas generasi muda dalam melestarikan kebudayaan Bali. *wan

Komentar