nusabali

Cegah DBD, Pengepul Rongsokan Diminta Jaga Kebersihan

  • www.nusabali.com-cegah-dbd-pengepul-rongsokan-diminta-jaga-kebersihan

DENPASAR, NusaBali
Kelurahan Ubung, Kecamatan Denpasar Utara melakukan pembinaan kepada pedagang atau pengepul barang bekas (rongsokan) untuk mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kasusnya meningkat saat musim penghujan.

Pembinaan dilakukan dengan memberikan sosialisasi masalah pengelolaan kebersihan dan penataan barang bekas sehingga tidak menimbulkan genangan air dan lingkungan jorok.

Kegiatan pembinaan dilakukan oleh Lurah Ubung I Wayan Ariyanta bersama Kepala Lingkungan (Kaling) Sari I Gede Sumantra dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) I Wayan Sudarta dan Made Sudiana, Selasa (18/1)

Lurah Ariyanta menyampaikan pengusaha barang bekas diwajibkan menata barang-barang dengan rapi dan tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya. Hal ini untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya kesan kumuh di lokasi usaha dan menghindari terjadinya genangan air hujan di musim penghujan yang berdampak pada penyebaran DBD dari segi kesehatan.

“Para pedagang barang bekas silakan melakukan kegiatan usaha tapi dampak dari kegiatan usaha itu harus menjadi atensi dan tanggung jawab kita bersama,” ujarnya. Lebih lanjut Ariyanta menyampaikan kegiatan ini dilakukan sesuai hasil pemantauan atau monitoring oleh Satlinmas. Hasil dari monitoring di wilayah Satlinmas akan ditindaklanjuti dengan memberikan pembinaan bersama Kaling setempat. Pembinaan ini disambut baik oleh para pedagang barang bekas dengan menyanggupi menata dan menjaga kebersihan tempat usahanya. *mis

Komentar