nusabali

Mengunjungi Kota Bandung Belum Afdol Kalau Belum Melakukan 4 Hal Ini!

  • www.nusabali.com-mengunjungi-kota-bandung-belum-afdol-kalau-belum-melakukan-4-hal-ini

BANDUNG, NusaBali.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan merasa lelah dan letih setelah menjalani aktivitas sehari-hari, terlebih jika aktivitas yang monoton.

Maka dari itu, Anda memerlukan waktu istirahat guna mengumpulkan kembali semangat yang telah pudar agar kinerja Anda tetap stabil. 

Cara untuk mengembalikan semangat tersebut, Anda bisa melakukan hobi Anda yang sudah lama tidak dilakukan atau bisa pula pergi berliburan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, banyak destinasi kota di Indonesia yang bisa Anda kunjungi, salah satunya kota yang terkenal akan kisah Dilan dan Milea-nya, yakni Bandung.

Terletak di Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama masa rehat Anda dari hiruk pikuk pekerjaan ataupun pendidikan yang sedang Anda jalani. 

Tidak hanya itu, kota Bandung juga terkenal dengan wisata kulinernya yang berjejeran di sepanjang jalan yang tentu dapat memanjakan lidah Anda. Untuk dapat di kota ini, jika Anda berdomisili dari kota Jakarta, Anda harus menempuh jarak waktu sekitar 2 jam lebih melalui perjalanan darat. 

Akan tetapi, jika Anda berasal dari luar Pulau Jawa atau kota yang sekiranya memakan waktu lama dan Anda memilih menaiki pesawat sebagai transportasi utama, cobalah untuk mengecek harga tiket pesawat di Traveloka. Sebab jika sedang beruntung, Anda dapat menemukan promosi berupa potongan harga yang tentunya bisa menghemat biaya transportasi Anda. Jangan lupa pula gunakan taksi Blue Bird ke Bandara karena dapat di booking dari jauh-jauh hari.

Lalu, ketika sudah menginjakkan kaki di kota kembang ini, hal apa sajakah yang wajib Anda lakukan? Simak ulasan berikut ini, ya!

1. Jalan-Jalan di Braga

Pernah melihat orang-orang berfoto di dinding dengan tulisan “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum”, maka di kawasan Braga inilah Anda bisa menemukan spot foto tersebut. 

Kawasan Braga merupakan jantung kota Bandung yang memiliki bangunan serta interior jalanan dengan ciri khas bergaya lama. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat berfoto-foto, di sepanjang jalannya Anda bisa menemukan kuliner, seperti salah satunya Kopi Toko Djawa yang merupakan kedai kopi primadona di kawasan ini. Kalau lagi tidak berselera untuk menikmati kulineran, Anda bisa sekedar nongkrong saja di sepanjang jalanan Braga yang tentunya dilengkapi oleh beberapa tempat duduk. Jika ingin belanja, singgahlah ke mall Braga CityWalk.

2. Mengunjungi Kampung Cai Ranca Upas

Memiliki luas sekitar 215 hektare diikuti hutan lindung yang berada di sekitarannya membuat tempat ini memiliki keindahan yang sudah tidak usah diragukan lagi. Kampung Ranca Cai Upas merupakan salah satu bumi perkemahan yang terletak di Ciwidey Bandung. Di sini Anda dapat menemukan flora yang beragam rupa mulai dari Puspa, Jamuju, Kitambang dan lainnya. Tidak hanya flora saja yang bisa Anda temukan, ada pula satwa-satwa jinak lainnya yang hadir di kawasan ini, seperti penangkaran rusa yang dimana Anda bisa melakukan interaksi secara langsung seperti memberi makan mereka. Jika Anda berniat untuk mengunjungi wisata ini, disarankan untuk datang menjelang sunrise atau sunset, sebab Anda dapat melihat pemandangan yang begitu indah. Ingin camping? Tentu saja bisa!

3. Berenang di Danau Sanghyang Heuleut

Anda merupakan sosok yang gemar dengan wisata alam? Maka terdapat salah satu danau indah bernama Sanghyang Heuleut di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. 

Letak danau ini tidak begitu jauh dari PLTA Saguling, namun memang jika Anda pergi ke sini, diperlukannya kondisi tubuh yang prima dengan stamina yang kuat sebab medannya yang cukup tidak bersahabat alias curam dan didominasi oleh batuan dan dibutuhkannya waktu sekitar 1,5-2 jam untuk sampai ke tempat ini. 

Memiliki arti sesuatu yang dianggap suci, danau ini dipercayai oleh warga setempat sebagai danau yang dijadikan para bidadari untuk menyucikan dirinya dan mandi. 

Oh iya, jika hendak ke danau ini ada baiknya datang pada musim kemarau atau sedang tidak musim hujan. Tidak hanya akan berdampak pada medan jalan namun bisa saja air danau yang tadinya jernih akan berubah menjadi kecoklatan karena faktor cuaca.

4. Membeli Bolu Kartika Sari

Ketika sudah puas berjalan-jalan, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk saudara atau teman terdekat Anda. Nah, yang menjadi ciri khas kota kembang ini adalah bolu miliki Kartika Sari yang sudah tidak diragukan lagi akan kelezatannya. 

Didirikan pada tahun 1970-an, mulanya Kartika Sari hanya merupakan sebuah bisnis rumahan yang menyediakan kue-kue sederhana seperti kue lapis, bolu kukus, dan beberapa kue lainnya. Lalu seiring waktu, sesuai dengan minat konsumen, Kartika Sari berhasil mengepakkan sayapnya dan membuka cabang di kota Bandung dengan pilihan kue yang sudah beragam. Cobalah untuk mencicipi pisang keju boleh milik toko ini, rasanya sudah tidak diragukan lagi. Oh iya, jika tidak terlalu suka dengan kue adonan, Anda juga bisa membeli cemilan-cemilan ringan yang disediakan pada toko ini.

Tak hanya itu saja, masih ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berwisata di Bandung. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi Paris van Java untuk liburan selanjutnya?

Komentar