nusabali

SMKN Amlapura Buka Praktek Siswa

  • www.nusabali.com-smkn-amlapura-buka-praktek-siswa

AMLAPURA, NusaBali
SMKN Amlapura mulai membuka praktek untuk siswa kelas XI sejak PTM (pembelajaran tatap muka) Senin (10/1).

Hampir dua tahun belajar daring (dalam jaringan) sehingga terkendala menggelar praktek dengan tatap muka. Praktek table cek uap misalnya melibatkan siswa kelas XI TB (tata boga) 2 di Lab Restoran SMKN Amlapura, Jalan Veteran Amlapura, Senin (17/1).

Sebanyak 38 siswa ikut praktek diawasi langsung guru I Kadek Budi Utama dan Wakasek Kesiswaan I Made Yuli Arsana. “Baru mulai praktek. Semua siswa kelas XI menjalani praktek sesuai jurusan masing-masing," jelas Yuli. Disebutkan kelas XI terdiri dari 11 rombongan belajar, terbagi lima jurusan yakni teknik kendaraan ringan otomotif sebanyak 34 siswa, teknik dan bisnis sepeda motor sebanyak 32 siswa, asisten keperawatan sebanyak 69 siswa, perhotelan sebanyak 147 siswa, dan tata boga sebanyak 112 siswa.

Praktek yang dilakukan siswa sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga apa yang didapatkan di sekolah, juga seperti itu kondisinya di lapangan. Rencana nantinya selain praktek di sekolah juga di hotel atau restoran agar siswa merasakan suasana pelayanan di hotel dan restoran yang sebenarnya.

Para siswa tamat mendapatkan ijazah dan dapat sertifikat lulus uji kompetensi. Sebab, seluruh siswa wajib ikut uji kompetensi agar lulusan SMK siap kerja.

Kasek I Wayan Artana menyebutkan, selama ini banyak industri atau dunia kerja telah bersedia kerja sama dengan SMK sehingga kemampuan siswa SMK menyerap ilmu dari para tenaga profesional dengan cara magang sangat efektif. Sehingga secara tidak langsung belajar sambil bekerja di dunia kerja.

Keahlian yang didapatkan di sekolah, bisa dimatangkan di dunia kerja karena di dunia kerja bisa berkembang dan berinovasi. *k16

Komentar