nusabali

Jelang G-20, AP I Buka Stand UMKM di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-jelang-g-20-ap-i-buka-stand-umkm-di-bandara-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali
Jelang perhelatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Nusa Dua pada Oktober 2022, sejumlah persiapan dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta.

Salah satunya menyediakan fasilitasi khusus bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penyediaan fasilitas ini untuk membangkitkan kembali roda perekonomian para pelaku usaha setelah mati suri karena pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Herry AY Sikado, mengatakan pembukaan stand khusus bagi pelaku usaha di bandara ini sebagai bentuk dukungan kepada UMKM, sehingga pihaknya memberikan peluang para pelaku UMKM mengembangkan usahanya di area koridor Terminal Kedatangan Domestik Bandara Ngurah Rai. “Gerai UMKM di koridor ini diharapkan bisa menggerakan kembali roda perekonomian. Para penumpang yang datang ke Bali dapat berbelanja produk khas Bali dalam satu lokasi yang telah disiapkan,” jelas Herry, Senin (17/1).

Diakuinya, pembukaan ini pula serangkaian kegiatan G-20 yang akan digelar di Bali hingga puncaknya pada Oktober mendatang. Sebagai pintu gerbang masuk Pulau Dewata, para delegasi nantinya akan melihat sejumlah kerajinan khas Bali yang ada di stand tersebut.

“Harapannya pelaku UMKM ini segera bangkit setelah kurang lebih dua tahun belakangan ini dilanda pandemi. Dengan adanya berbagai event skala nasional dan internasional, diharapkan membangkitkan usaha yang berdampak pada pergerakan pereonomian,” harap Herry.

Masih menurut dia, keberadaan stand UMKM ini dengan mudah diakses oleh para pengguna jasa. Lokasi yang berada tepat di koridor ini membuat pengguna jasa dan juga para pelaku usaha tidak kesulitan dalam menjangkaunya. “Kemudahan akses tentu menjadi perhatian kita. Makanya diletakan di satu lokasi atau koridor yang memang menjadi lokasi akses keluar masuk. Tentu kita akan terus mendukum UMKM agar segera bangkit lagi,” tegas Herry.

Untuk diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Sabtu (15/1) lalu.

Kunjungan diawali dengan meninjau kegiatan Bali Megibung Festival di Area Koridor Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang di mana berbagai stand kuliner tersedia di sana termasuk UMKM. Kemudian dilanjutkan menuju ke gerai UMKM yang baru-baru ini resmi beroperasi dengan kerjasama PT Angkasa Pura I, Dekranasda Bali, Bank Indonesia, dan BPD Bali, yaitu Gerai Madolan. *dar

Komentar