nusabali

Debut Coutinho Bawa Villa Tahan MU

  • www.nusabali.com-debut-coutinho-bawa-villa-tahan-mu

LONDON, NusaBali
Mantan pemain Liverpool dan Barcelona, Philippe Coutinho menghiasi debutnya bagi Aston Villa dengan mencetak satu gol, yang membantu timnya menatan Manchester United (MU)  2-2, dalam laga pekan ke-22 Liga Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Minggu (16/1) dinihari WITA.

Coutinho, yang tiba dengan status pinjaman dari Barcelona, menjalani reuni bersama Steven Gerrard. Dia menjalani saat turun dari bangku cadangan pada menit ke-68 menggantikan Morgan Sanson.

Ketika Coutinho memasuki lapangan, Villa sedang tertinggal 0-2 usai Bruno Fernandes mencetak gol keduanya di pertandingan itu. Gol pertama Fernandes lahir dari blunder kiper Emiliano Martinez pada menit keenam saat dia gagal mengantisipasi bola tendangan gelandang Portugal itu dan bola tergelincir dari pelukannya di garis gawang.

Gol kedua MU yang lahir pada menit ke-67 juga berakar dari kesalahan pemain Villa saat umpan Sanson dipotong Fred dan Fernandes melakukan satu sentuhan sebelum memperdaya Martinez kembali.

Sejak memasuki lapangan, Coutinho langsung memberikan peran lebih kepada Villa yang berkali-kali peluangnya dimentahkan barisan pertahanan MU atau kiper David de Gea.

Villa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-77, saat umpan Coutinho membentur pemain MU dan jatuh di hadapan Jacob Ramsey yang tenang melesakkan bola ke gawang tim tamu untuk mengubah kedudukan jadi 1-2.

Empat menit kemudian, Coutinho cermat memburu ruang di muka gawang MU untuk menyelesaikan umpan akurat kiriman Ramsey yang membuat Villa menyamakan skor 2-2.

Coutinho sebetulnya berpeluang menyempurnakan debutnya tiga menit jelang bubaran ketika menerima umpan dari Emiliano Buendia. Sayang penyelesaiannya relatif lemah dan tepat ke pelukan De Gea.

Di sisi lain, Donny van de Beek juga berpeluang memainkan peranan supersub untuk MU pada injury time bila saja bola tembakannya tak dihadang oleh Kortney Hause hanya menghasilkan sepak pojok dan skor 2-2 tak berubah hingga bubaran.

Meskipun Coutinho menandai debutnya dengan sebuah gol, Villa belum mampu keluar dari tren buruk tanpa menang tiga laga beruntun. Villa tak beranjak dari urutan ke-13 klasemen dengan 23 poin. Sedangkan MU juga tetap di posisi ketujuh dengan 32 poin.

MU selanjutnya dijadwalkan melakoni laga tunda pekan ke-17 di markas Brentford pada Rabu (19/1). Sedangkan Villa bertanding lagi pada Sabtu (22/1) saat menyambangi Goodison Park menghadapi Everton. *ant

Komentar