nusabali

Bupati Suwirta Sosialisasi Penataan Objek Wisata

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-sosialisasi-penataan-objek-wisata

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar sosialisasi penataan objek wisata pada empat lokasi di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Minggu (16/1).

Lokasi itu yakni di Kantor Desa Sakti, Kantor Desa Bunga Mekar, Balai Desa Batumadeg, dan di Kantor Desa Sekartaji.

Sosialisasi ini guna memperoleh dukungan dalam rencana penataan sejumlah objek wisata agar menjadikan lebih menarik, aman, dan nyaman, serta wisatawan betah berlama lama berkunjung. Penataan juga untuk membangun destinasi unggulan berkonsep one gate one destination.

Bupati Suwirta didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Kepala PUPR Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, dan Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra.

Bupati Suwirta mengatakan, Nusa Penida merupakan titik ungkit pembangunan di Kabupaten Klungkung. Itu lah sebabnya penataan objek wisata, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan warga digarap lebih optimal. "Jika penataan bisa terealisasi maka berbagai potensi yang dimiliki Nusa Penida akan menghasilkan uang dan saya tegaskan bahwa saya tidak ada kepentingan apapun dalam penataan objek wisata di Nusa Penida," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini menjelaskan, kegiatan penataan akan diawali dengan proses pendataan aset/lokasi, dilanjutkan dengan membuat Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) sebaik mungkin. Kemudian dicarikan anggaran untuk ditata sehingga menjadi destinasi unggulan dengan konsep one gate one destination. "Namun semua perlu proses, jadi tidak langsung terwujud. Yang penting kita berani memulai mohon dukungan semua warga," ujar Bupati Suwirta.

Salah seorang warga Desa Batumadeg, Kadek Suarta menyambut baik ide yang dipaparkan Bupati Suwirta. Dirinya setuju dan sangat mendukung penataan objek wisata Tembeling di desanya. Namun Suarta mengingatkan kesucian Pura Hyang Pancuhan di Tembeling harus dijaga. "Jika sudah terwujud maka pengelolaan objek wisata supaya dikerjasamakan dengan pihak desa," kata Bupati Suwirta.

Hal senada juga disampaikan Nyoman Murdana dari Desa Sekartaji. Dirinya menyambut baik perencanaan yang disampaikan Bupati Suwirta, Murdana berharap Desa Sekartaji bisa bangkit memiliki sektor sektor yang bisa menghidupi masyarakat setempat.

Murdana juga berharap pihak terkait bisa membantu status tanah di Bukit Teletabies untuk bisa disertifikatkan, sehingga nanti tidak ada keraguan dalam menyerahkan kepada Pemkab untuk ditata. "Sehingga warga di Sekartaji bisa bekerja dan berkarya di desanya sendiri bukan merantau keluar daerah," kata Murdana. *wan

Komentar