nusabali

PWI Buleleng Gelar Orientasi Anggota

  • www.nusabali.com-pwi-buleleng-gelar-orientasi-anggota

SINGARAJA, NusaBali
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buleleng menggelar Karya Latihan Wartawan (KLW).

Kegiatan orientasi bagi wartawan itu dilangsungkan di Gedung Unit IV Kantor Bupati Buleleng, pada Sabtu (15/1). Kegiatan itu diikuti oleh 28 orang calon anggota PWI Kabupaten Buleleng. Tak hanya itu, orientasi tersebut juga melibatkan 11 orang staf Dinas Kominfo Kabupaten Buleleng, serta 11 orang staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setda Buleleng.  

Ketua PWI Provinsi Bali, IGMB Dwikora Putra mengatakan, KLW merupakan salah satu kegiatan orientasi yang wajib diikuti bagi calon anggota PWI. Orientasi itu sekaligus menjadi salah satu batu lompatan bagi insan pers untuk meningkat profesionalisme saat bertugas.

Dalam orientasi itu, awak media lebih banyak mendapatkan materi yang terkait dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI, hukum pers, kode etik jurnalistik, serta kode perilaku wartawan.

“Kami harap setelah ini, saat nantinya menjadi anggota, para wartawan mengetahui apa saja hak dan kewajibannya,” kata Dwikora.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Santi Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan mengatakan, pihaknya siap bersinergi dengan PWI. Khususnya dalam program-program yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

“Insan tentu sudah memiliki rambu-rambu dalam menyampaikan informasi secara akuntabel dan valid pada masyarakat. Kami sangat berharap pemerintah dan PWI bisa bersinergi lebih baik lagi kedepannya,” kata Suwarmawan.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Kabupaten Buleleng Made Winingsih dalam sambutannya mengatakan, Orientasi Keorganisasian Calon Anggota PWI Provinsi Bali merupakan prasyarat calon anggota yang akan bergabung dengan organisasi profesi terbesar di Indonesia ini. Oleh karena itu, merupakan momen yang sangat penting bagi calon anggota.

"Hal ini juga mempunyai tujuan guna memotivasi para wartawan dan juga sebagai wadah dalam bertukar pikiran bagi seprofesi dalam satu naungan organisasi yang bernama Persatuan Wartawan Indonesia," tutupnya. *k23

Komentar