nusabali

Bunda PAUD Tabanan Dukung Kegiatan Mendongeng sebagai Metode Belajar Anak

  • www.nusabali.com-bunda-paud-tabanan-dukung-kegiatan-mendongeng-sebagai-metode-belajar-anak

TABANAN, NusaBali
Sebagai bentuk dukungan terhadap beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemprov Bali, Bunda PAUD Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya menghadiri program acara ‘Kak Seto dan Bunda PAUD Menyapa’, yang diselenggarakan oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali, Sabtu (15/1).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali kawasan Niti Mandala Denpasar tersebut, menjadi salah satu program unggulan PAAREDI (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital). Acara bertema ‘Mencegah Kecanduan Medsos pada Anak dengan Cara Mendongeng’ ini dipimpin oleh Ny Putri Koster selaku Bunda PAUD Provinsi Bali dan psikolog anak Seto Mulyadi sebagai narasumber. Hadir seluruh Bunda PAUD kabupaten/kota se–Bali, serta ditayangkan secara daring melalui kanal youtube.

Pada kegiatan ini, Seto Mulyadi yang akrab disapa Kak Seto, mempraktikkan teknik mendongeng dengan boneka tangan, dan bermacam peralatan dongeng yang disiapkan. Cerita yang disampaikan melalui interaksi dengan medium diharapkan akan lebih mudah diterima secara visual oleh audiens.

“Mendongeng ini bisa meningkatkan kedekatan dengan anak. Ayah dan bunda bisa menjadi sahabat anak, dan dongeng juga bisa menjadi bahan diskusi dalam keluarga, sehingga akan memunculkan kecenderungan anak untuk aktif dan mampu berargumentasi,” kata Kak Seto.

Menilai pentingnya mendongeng dan mencari berbagai ide kreatif lainnya sebagai metode belajar anak, Ny Rai Sanjaya memberikan apresiasi yang sangat positif atas kegiatan tersebut. “Kami sangat berterima kasih, terutama atas peran serta bunda-bunda PAUD di Bali yang aktif memberikan perhatian serta menyasar langsung anak-anak khususnya di Tabanan,” kata Ny Rai Sanjaya.

Menurutnya, mendongeng menjadi salah satu alternatif terbaik untuk membentuk karakter anak serta berpengaruh penting terhadap daya imajinasi dan tumbuh kembang anak. Terlebih di era digital, di mana segala informasi dan tren dapat diakses dengan mudah melalui media sosial, pastinya akan menjadi tantangan yang sulit bagi orangtua, untuk mencegah kecanduan media sosial pada anak. “Mendongeng merupakan salah satu media tumbuh kembang anak, baik melalui olah pikir, olah rasa, maupun literasi, yang dimulai sejak usia dini,” ujar Ny Rai Sanjaya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ny Rai Sanjaya akan lebih gencar melaksanakan sosialisasi tentang program mendongeng kepada pengelola maupun guru-guru PAUD di sekolah di seluruh Tabanan. *des

Komentar