nusabali

Atlet Muaythai Didorong Ikut Liganas

  • www.nusabali.com-atlet-muaythai-didorong-ikut-liganas

Siapa yang turun di Liganas mendapat rekomendasi dari Muaythai Bali. Selain aktif ikut kejuaraan, Pengprov MI Bali juga akan menggelar Kejurprov dalam waktu 5-6 bulan sebelum Porprov.

MANGUPURA, NusaBali

Pengprov Muaythai Indonesia (MI) Bali mendorong atletnya aktif ambil bagian dalam Liga Nasional (Liganas), di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (19/1). Untuk itu Pengkab dan Pengkot Muaythai di Bali diharapkan mengirimkan atletnya ke ajang tersebut.

Menurut Ketua Umum Pengprov Muaythai Bali, Made Nariana, atlet Muaythai dari Pengkab dan Pengkot MI diharapkan ambil bagian dalam Liganas. Penekanan itu juga sempat disampaikan saat rapat koordinasi dengan pengurus Pengkab dan Pengkot MI se Bali di Aula Rapat KONI Gianyar, beberapa waktu lalu. Nariana mengatakan, Muaythai Bali lebih aktif di nasional juga diputuskan dalam rakornis di Gianyar.

"Harapan kita, supaya atlet Muaythai Indonesia (MI) di Bali sering melakukan latih tanding, salah satunya didorong ikut Liganas di Makassar," tegas Nariana, yang juga Ketua Umum KONI Badung itu, Sabtu (15/1).

Nariana menyebutkan, siapa yang akan turun di Liganas nanti akan mendapat rekomendasi dari Muaythai Bali. Selain aktif ikut kejuaraan, kata Nariana, pihaknya juga akan menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) dalam waktu 5-6 bulan sebelum Porprov pada September 2022. Menurutnya, Kejurprov itu untuk mengetahui kekuatan atlet Muaythai masing-masing Kabupaten/Kota.

Sementara itu Sekum Muaythai Indonesia (MI) Bali, I Wayan Suwita mengakui saat ini, banyak anak-anak di Kabupaten, malah di desa-desa, kini berminat latihan cabor muaythai. Hal ini harus mendapat perhatian pengurus di tingkat daerah untuk segera difasilitasi.

Menurut Suwita, minat generasi muda latihan dan menjadi atlet muaythai, sebab di muaythai tidak ada jenjang - jenjang tertentu, seperti menggunakan sabuk putih atau biru.

“Mereka hanya dibatasi umur dan berat badan. Bahkan di tempat asalnya di Thailand, muaythai dipertandingan di jalan - jalan sebagai hiburan bagi turis yang berkunjung ke sana,”kata Suwita, yang juga pelatih muaythai Bali. *dek

Komentar