nusabali

Aplaus untuk Hotel di Bali Ini, Armada Kendaraan Diganti Sepeda Motor Listrik

  • www.nusabali.com-aplaus-untuk-hotel-di-bali-ini-armada-kendaraan-diganti-sepeda-motor-listrik

MANGUPURA, NusaBali.com – Dukungan ‘Bali Go Green’ bukan hanya sekadar wacana. Guna mendukung program Pemerintah Provinsi Bali, hotel di Bali ini mengganti armada kendaraan roda duanya dengan kendaraan listrik.

Sebanyak 10 unit sepeda motor listrik sudah berada di ZIN Canggu Resort & Villas.  “Kami sudah mengganti unit kendaraan roda dua dengan kendaraan listrik,” kata Manengu Peters, owner ZIN Canggu, Sabtu (15/1/2022).

Sepeda motor listrik ini digunakan sebagai operasional hotel maupun untuk kepentingan wisatawan yang menginap di akomodasi yang hanya berjarak 300 meter dari Pantai Batubolong Canggu, Kuta Utara ini.

Harapannya unit kendaraan listrik akan terus bertambah, termasuk digunakan bagi staf karyawan yang berjumlah total 150 orang. “Ya nantinya perlu komunikasi dengan pihak finance untuk kemudahan kepemilikan sepeda motor listrik,” kata Manengu. 

Sebanyak 10 unit sepeda motor listrik yang berada di ZIN Canggu itu adalah jenis Smoot Tempur produksi PT Smoot Motor Indonesia  yang di Bali didistribusikan melalui Moseli 888.  Sepeda motor listrik dengan kapasitas baterai 64Volt/22.5Ah ini  yang ada di ZIN Canggu ini semuanya berkelir hitam dan dibalur grafis tulisan #stayGREEN.

Manengu meilai bahwa tahun 2022 ke depan adalah masa revolusi hijau. “Salah satu revolusi hijau adalah kendaraan, apalagi kendaraan di Indonesia sangat penting dari rumah ke sekolah, dari rumah ke pasar, maupun aktivitas lainnya,” kata pria berkebangsaan Belanda ini.

“Saya sudah pakai beberapa minggu. Experience tentu saja terkait konsep bagus terhadap lingkungan. Tapi yang mau saya katakan untuk pemakaian sehari-hari adalah soal kenyamanan. Tidak ada suara (sepeda motor) kemana-mana. Jalan motor ini sepi sekali, jadi untuk masyarakat enak karena tidak berisik,” sebut Manengu.

Pria yang sudah 12 tahun tinggal di Bali ini pun sangat antusias mendukung Bali yang dikenal sebagai daerah untuk menggaungkan kendaraan listrik.  “Bali adalah pulau yang luar biasa. Marketing powernya luar biasa. Dimana-mana tahu Bali, sehingga Bali bisa dijadikan role model (kendaraan listrik) bukan hanya untuk Indonesia, tapi untuk seluruh dunia,” kata Manengu antusias. “Bali bisa menjadi blue print bagi seluruh dunia,” sambungnya lagi.

Bahkan saking semangatnya, ZIN Canggu sampai mengadakan gathering komunitas kendaraan listrik di Pulau Dewata pada Sabtu (15/1/2022) sore, Dalam even bertajuk ‘ZIN Ride Green’ hadir beberapa komunitas dan pengguna kendaraan listrik di Bali, termasuk Penanggungjawab Moseli 888 Bali, I Gede Pasek Wijaya.

Terlihat juga hadir founder PT Swap  Energi Indonesia, Irwan Tjahaja.  Sosok Irwan ini pun terbilang ‘krusial’ di ekosistem kendaraan listrik nasional. Pasalnya lewat perusahaannya tersebut, pengguna kendaraan listrik tidak perlu ribet dengan urusan charging baterai kendaraannya.

“Bagi kami charging 5 menit saja sudah terasa lama. Karena itu kami menyediakan Swap yang hanya memerlukan waktu 9 detik saja,” kata Irwan.

Layanan Swap ganti baterai saat ini tersedia di puluhan lokasi di Denpasar dan Badung. “Nantinya layanan ini tentu akan semakin bertambah untuk semakin memudahkan pengguna kendaraan listrik,” tegas Irwan.




Komentar