nusabali

Sekda Wisnu Wijaya Tinjau Persiapan Pilkel Serentak Gianyar

  • www.nusabali.com-sekda-wisnu-wijaya-tinjau-persiapan-pilkel-serentak-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Untuk memastikan kesiapan panitia Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak tahun 2022, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya meninjau persiapan TPS di sejumlah desa, Jumat (14/1).

Sekda Wisnu Wijaya meninjau TPS di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh lalu ke Desa Pejeng Kelod, Kecamatan Tampaksiring, Desa Tegaltugu dan Desa Lebih, Kecamatan Gianyar.


Dari peninjauan tersebut, Sekda Wisnu Wijaya yang juga sebagai Ketua Pilkel Serentak Kabupaten Gianyar mengatakan dari 4 lokasi yang ditinjau bersama tim, persiapan pemilihan perbekel serentak di Kabupaten Gianyar sudah baik.

“Melihat dari kesiapan pemilihan perbekel ini, astungkara persiapannya sudah hampir 100 persen, tinggal menunggu hari H saja, begitu juga dengan desa-desa lain, Dinas PMD sudah meninjau berkeliling, semua desa sudah siap," ujar Sekda Wisnu Wijaya. Dia meminta agar situasi kondusif tetap dijaga oleh semua pihak, baik para calon dan pendukungnya, juga masyarakat. Warga yang memiliki hak suara agar menggunakan haknya dengan baik dan tertib.

"Gunakan momentum pemilihan ini untuk melahirkan perbekel yang bagus, yang mempunyai etos kerja," ujarnya. Bagi calon yang tidak terpilih menjadi perbekel, Wisnu Wijaya berharap mereka dapat menerima dengan lapang dada sesuai dengan deklarasi damai yang sudah disepakati. "Membangun desa tidak harus menjadi perbekel, tidak harus berada di dalam (sistem pemerintahan, Red) dari luar juga bisa dengan aktif memberikan masukan, memantau pelaksanaan program, dan sebagainya," ucapnya.

Saat peninjauan, Sekda Wisnu Wijaya tidak hanya memastikan kesiapan logistik pilkel seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, dan yang lainnya. Dia juga memastikan kesiapan penerapan protokol kesehatan pada saat Pilkel nanti. "Sudah lengkap semua ya, tempat cuci tangan, hand sanitizer juga ada, stok masker, semua lengkap, termasuk pengaturan alur keluar-masuk TPS agar tidak ada penumpukan atau antrean yang padat, semua sudah bagus," kata Wisnu Wijaya.

Dirinya juga menekankan kepada panitia pilkel di desa untuk berkoordinasi dengan para saksi. "Saya berharap para saksi bekerja dengan baik, laporkan sesuai dengan apa yang dilihat," harapnya. Pemilihan Perbekel serentak di Kabupaten Gianyar akan dilaksanakan pada Minggu 16 Januari 2022 di 13 desa dengan diikuti 36 peserta atau calon perbekel. Jumlah daftar pemilih tetap 44.876, dengan jumlah TPS 99. *nvi

Komentar