nusabali

Minyak Goreng Paling Dicari Warga

Dalam Operasi Pasar Bahan Pokok di Pasar Badung

  • www.nusabali.com-minyak-goreng-paling-dicari-warga

Operasi pasar juga diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.

DENPASAR, NusaBali

Melonjaknya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok, seperti minyak goreng dan gula disikapi Satgas Pangan Polresta Denpasar bersama Disperindag Kota Denpasar dan Bulog Kanwil Bali dengan menggelar Operasi Pasar. Kegiatan ini digelar di Pasar Badung, Denpasar pada, Jumat (14/1). Warga pun antusias memanfaatkan operasi pasar ini, terutama minyak goreng yang saat ini harganya melonjak tajam di pasaran. Kegiatan serupa diharapkan lebih sering digelar.

Kadis Disperindag Denpasar, Nyoman Sri Utari mengatakan Operasi Pasar ini dilaksanakan oleh Satgas Pangan Polresta Denpasar bersama Bulog Kanwil Bali. Operasi pasar dilaksanakan untuk memantau dan mencegah kenaikan harga bahan pokok secara tak terkendali. Selain itu operasi pasar juga diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.

“Terkait harga bahan pokok yang meningkat belakangan ini disebabkan karena kenaikan harga bahan dasar yang otomatis berdampak terhadap kenaikan harga di pasaran. Untuk mengantisipasi kenaikan harga yang semakin melambung selain melakukan operasi pasar Disperindag bersama tim setiap hari Senin dan Kamis juga melakukan monitoring harga ke pasar-pasar tradisional,” ujar Sri Utari.

Sementara Manajer Bisnis Perum Bulog Kanwil Bali, Muhammad Husin menambahkan operasi pasar digelar untuk menjaga stabilitas harga di tingkat konsumen. Untuk minyak goreng dan gula saat ini sudah naik. Gula  dijual dengan harga Rp 12.500 dari sebelumnya sebesar Rp 13.000 sampai Rp 14.000, sedangkan minyak goreng kemasan 1 liter dijual Rp 19.500 dari harga sebelumnya sebesar Rp 21.000 sampai Rp 22.000.

Sedangkan Kasat Reskrim Polresta Denpasar, Kompol Mikael Hutabarat, mengatakan sampai saat ini Satgas Pangan Polresta Denpasar terus melakukan penyelidikan terkait kenaikan harga ataupun jika ada ketimpangan harga yang terjadi di pasar untuk kebutuhan pangan masyarakat.

“Selain melaksanakan operasi pasar kami juga akan terus menyelidiki terkait dugaan penimbunan sembako yang dilakukan oleh oknum, tapi sejauh ini belum ditemukan praktek seperti itu,” ujarnya Kompol Hutabarat. Sementara pantauan di lokasi, warga tampak antusias membeli sejumlah bahan kebutuhan pokok yang disediakan dalam operasi pasar. Bahan pokok, terutama minyak goreng dan gula yang belakangan harganya melonjak tajam paling diminati warga.

“Harganya lebih murah dari harga di pasaran. Makanya mumpung ada saya langsung beli,” ujar Surpi, 45, salah seorang warga. Dia pun berharap kegiatan serupa digelar lebih sering dan di beberapa titik agar menjangkau lebih banyak lagi warga. Selain itu, tujuan untuk pengendalian harga juga akan tercapai. *sur

Komentar