nusabali

Vovinam Targetkan Dua Emas di Vietnam

  • www.nusabali.com-vovinam-targetkan-dua-emas-di-vietnam

JAKARTA, NusaBali
Cabang olahraga (Cabor) Vovinam menargetkan meraih dua medali emas pada nomor seni di SEA Games Vietnam. Untuk mewujudkan itu, para atlet votelah menjalani pemusatan latihan sejak Desember 2021.

"Pada prinsipnya, vovinam siap mempersembahkan medali emas bagi Indonesia," ujar manager timnas Vovinam Isnaldi Muhd Dini, di Jakarta, Jumat (14/1).

Bahkan, kata Isnaldi, atlet vovinam tidak pernah putus latihan, meski SEA Games mengalami penundaan. Mereka berlatih rutin dan kian intensif sejak Desember 2021. Mereka berlatih di Tabanan setiap sore selama dua jam.

Menurut Isnaldi, saat ini ada 27 atlet vovinam dipersiapkan mengikuti 15 nomor di SEA Games Vietnam. Para atlet itu dari Bali, Riau, Lampung dan Sulawesi Tengah. Mereka dilatih tujuh pelatih. Di SEA Games mereka bersaing dengan atlet dari tujuh Negara, karena Singapura dan Malaysia tidak memiliki atlet vovinam.

Dari tujuh negara, Vietnam masih merupakan lawan terberat. Sebab, cabor vovinam berasal dari Vietnam. Sebagai tuan rumah, Vietnam pasti menyiapkan atlet terbaiknya. Namun, pengurus Vovinam Indonesia tetap optimistis mampu meraih dua medali emas, khususnya dari nomor seni.

Mengenai try out, kata Isnaldi, sampai saat ini pengurus belum mengagendakan karena kondisi masih pandemi Covid-19. Mereka pun, konsentrasi menjalani latihan setiap hari. Bahkan telah melakukan audensi dengan KOI pada 23 Desember 2021 lalu untuk menyampaikan kesiapan vovinam di SEA Games. Mereka diterima Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J Kono.

"Di sana, kami menyampaikan persiapan cabor vovinam menghadapi SEA Games, jumlah atlet dan target. Mengenai target, kami siap persembahkan emas bagi Indonesia. Kami juga mohon arahan dan dukungan dari KOI," jelas Isnaldi.

Respon KOI, kata Isnaldi, sangat bagus. Mereka mendukung cabor vovinam. Vovinam merupakan cabor menarik dan berasal dari Vietnam. Tapi, Indonesia bisa turut ambil bagian. Dan teristimewa lagi, bila atlet vovinam tampil maksimal serta mempersembahkan medali emas bagi Indonesia. *k22

Komentar