nusabali

Stok Vaksin di Denpasar 13.000 Dosis, Jatah Anak dan Booster

  • www.nusabali.com-stok-vaksin-di-denpasar-13000-dosis-jatah-anak-dan-booster

DENPASAR, NusaBali.com - Pemerintah Kota Denpasar siap melaksanakan vaksinasi booster (dosis ketiga) Covid-19 kepada 854.000 penduduk yang telah memenuhi syarat. Namun demikian, jumlah stok vaksin sebanyak 13.000 dosis menjadi kendala untuk melaksanakan vaksinasi booster secara maksimal.

Pasalnya jumlah vaksin tersebut juga akan dipakai untuk menuntaskan vaksinasi anak 6-11 tahun yang masih berjalan saat ini dan ditarget selesai awal Februari 2022. 

Sementara itu masyarakat umum yang baru mendapatkan vaksin dosis 1 juga siap untuk mendapatkan dosis keduanya. 

“Astungkara kita di Denpasar memenuhi persyaratan untuk melaksanakan vaksin booster sesuai arahan presiden. Vaksin umum harus di atas 70 persen, vaksin lansia di atas 60 persen,” ujar Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara saat Pencanangan Vaksinasi Booster Covid-19 Kota Denpasar, Jumat (14/1/2022) pagi. 

Dalam pencanangan  bertempat di RSUD Wangaya Denpasar, Walikota mengatakan, untuk melakukan percepatan vaksinasi booster, vaksinasi akan dilakukan di 40 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di Kota Denpasar. 

“Kita melihat di Denpasar itu, kita memang diberi target 570.000 orang, namun sasaran kita ternyata 854.000. Makanya kita sekarang laksanakan di 40 fasyankes agar bisa mempercepat pelayanan vaksin booster,” ujarnya. 

Walikota mengakui ketersediaan vaksin Covid-19 di Denpasar masih jauh dari target vaksinasi booster. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur Bali, melalui Sekda Provinsi Bali, untuk segera mendapatkan tambahan stok vaksin. 

“Memang kita belum bisa maksimal melayani, karena keterbatasan vaksin. Mudah-mudahan nanti sore vaksinnya datang, sehingga bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat Denpasar,” sebut Jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr Luh Putu Sri Armini MKes, dalam kesempatan yang sama mengisyaratkan pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun mendapat prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu pada awal Februari 2022.

“Kita selesaikan terlebih dahulu vaksinasi dosis kedua anak 6-11 tahun, di seluruh sekolah, mudah-mudahaan awal Februari sudah selesai, sehingga booster bisa kita laksanakan lebih maksimal,” ujar Sri Armini. 

Sri Armini mengamini ketersediaan stok vaksin di Denpasar masih jauh dari mencukupi. Sebanyak 13.000 dosis vaksin yang tersebar di 40 fasyankes diharapkan segera bertambah dalam waktu dekat. 

Disebutkan stok vaksin saat ini meliputi jenis vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna. 

Adapun 40 fasyankes yang dapat dikunjungi masyarakat untuk mendapatkan vaksin yakni 11 Puskesmas yang tersebar di empat kecamatan di Denpasar. Sementara rumah sakit terdiri dari RSUD Wangaya, RSUP Sanglah, RSBM, RSAD, RS Bhayangkara, KKP Benoa, RSU Bhakti Rahayu, RSU Dharma Yadnya, RSIA Puri Bunda, RSU Surya Husadha Ubung, RSU Prima Medika, RSU Balimed, RSU Puri Raharja, RSU Bali Royal, RSU Surya Husadha Denpasar, RSU Manuaba, RSIA Pucuk Permata, RSU Kasih Ibu, dan RSIA Harapan Bunda.
 
Selebihnya adalah klinik yang meliputi Klinik SOS Gatot Kaca, Klinik PT Kimia Farma Apotek, Klinik Bhayangkara Bali, Klinik Bhayangkara Sat Brimob Bali, Klinik Karya Prima, Klinik Bhayangkara Polresta Denpasar, Klinik FKTP Sudirman, Klinik FKTP Kepaon, Klinik Utama Niki Diagnostic Center, dan Klinik Utama Sidhi.

Komentar