nusabali

Buleleng Dijatah 1.500 Vial Vaksin Booster

  • www.nusabali.com-buleleng-dijatah-1500-vial-vaksin-booster

SINGARAJA, NusaBali
Rencana pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi booster untuk memperkuat pertahanan masyarakat dari Covid-19, sedang dimatangkan Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng.

Untuk tahap awal Kabupaten Buleleng diberikan jatah 1.500 vial vaksin booster oleh Pemerintah Provinsi Bali, yang harus tuntas direalisasikan hingga akhir Januari ini. Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Ketut Suwarmawan Kamis (13/1) kemarin mengatakan, sejauh ini petunjuk teknis (juknis) vaksinasi booster sudah turun dari pemerintah pusat. Namun jumlah target sasaran yang belum ditentukan berapa jumlahnya.

“Jumlah target sasaran masih dipetakan oleh Dinas Kesehatan dan disinkronkan dengan kesiapan tim vaksinasi yang ada, karena saat ini sedang berjalan juga dosis II untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun,” ujar Suwarmawan.

Dia yang juga Kadis Kominfo Santi Buleleng ini pun mengatakan, vaksinasi booster sesuai dengan juknis pusat akan menyasar masyarakat usia 18 tahun ke atas memprioritaskan lansia dan masyarakat yang rentan. Mereka yang akan menjadi target sasaran dipastikan sudah mendapatkan dua kali dosis vaksin. Sedangkan vaksin booster yang akan disuntikkan untuk ketiga kalinya, menyesuaikan dengan merk vaksin yang didapat pada dosis I dan II minimal 6 bulan sebelumnya.

“Nanti pelaksanaan vaksinasi booster difokuskan dulu di Puskesmas yang memiliki lebih dari satu tim vaksinasi. Ini diatur sedemikian rupa agar tidak bertabrakan dengan vaksinasi anak dosis II, yang sedang berjalan saat ini.  Tetapi nanti juga sambil jalan, karena di awal Buleleng baru dapat sedikit,” tegas Suwarmawan.

Sementara itu dari juknis yang turun dari pusat untuk pelaksanaan vaksinasi booster dapat dilakukan daerah jika cakupan vaksinasi total dosis I minimal 70 persen dan capaian vaksinasi lansia dosis I minimal 60 persen. Sedangkan jika mengacu pada data vaksinasi yang telah dilakukan di Kabupaten Buleleng, capaian total vaksinasi dosis I yang menyasar 615.179 orang sudah mencapai 82,53 persen. Sedangkan untuk capaian vaksinasi dosis I lansia di Buleleng juga telah memenuhi ketentuan yakni 73,23 persen dari target 80.637 orang. *k23

Komentar